YSEALI PROFESSIONAL FELLOWSHIP 2024, fully funded

Young Southeast Asian Leaders Initiative Professional fellowship Program (YSEALI Professional Fellowship Program) 2024 Merupakan program pertukaran Departemen Luar Negeri AS yang di rancang untuk memperkuat hubungan Negara Asia. Kegiatan ini di danai oleh pemerintash AS dan pelaksanaannya didukung oleh American Councils for International education.

YSEALI merancang program beasiswa untuk memperluas keahlian profesional dan meningkatkan kemampuan kepemimpinan. Hunters bisa mendaftar apabila sudah memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun. Bagi peserta terpilih, akan mendapat kesempatan langsung dari kantor sektor publik dan swasta AS terkait isu masyarakat, pemberdayaan ekonomi, pemerintahan, pembangunan berlanjutan dan lingkungan.

Kurikulum kepemimpinan dan pengembangan profesi akan dimulai dari Leading Change, yang merupakan kursus kepemimpinan untuk memperkuat kompetensi dalam aksi komunitas, kepemimpinan, manajemen, dan literasi media.

Hunters juga akan mendapatkan kesempatan bergabung pada sesi pengembangan profesional dan panggilan tatap muka dengan pakar dari Amerika.

Hunters nantinya akan berpartisipasi dalam program mentor alumni virtual yang difasiltasi ke jaringan alumni yang lebih luas. Maka dari itu hunters harus mempersiapkan koneksi internet yang mumpuni.

Apa aja sih benefit yang bisa hunters dapatkan melalui program YSEALI ini?

Nah, ini dia benefit yang bisa hunters dapatkan:

  1. Berpartisipasi dalam orientasi pra-keberangkatan virtual, serta orientasi kedatagan dan tur studi profesional terintegrasi di kota AS
  2. Hunters akan mendapat kesempatan selama empat minggu dalam pengalaman fellowship untuk bekerja di organisasi tuan ruman penempatan AS
  3. Berkesempatan untuk berpartisipasi dalam layanan masyarakat untuk terlibat dengan komunitas maupun sipil
  4. Mengembangkan proposal rencana aksi tindak lanjut untuk memenuhi tujuan dan mendapat pengalaman perhotelan rumah dengan keluarga angkat Amerika
  5. Menjadi bagian alumni yang terhubung dengan jaringan profesional tingkat internasional

Catat tanggal pentingnya Hunters!

PFP YSEALI akan dilaksanakan dalam dua siklus pada tahun 2024. Dan Hunters hanya bisa mengikuti salah satu program tersebut.

Siklus 1:

Pendaftaran dimulai sejak 22 April – 31 Mei 2024. Kegiatan daring akan dimulai secara tentatif pada Februari 2024 (menunggu pembatasan perjalanan).

Siklus 2:

Pendaftaran dimulai sejak 9 September – 18 Oktober 2024. Kegiatan daring akan dimulai secara tentatif pada Juni 2024 (menunggu pembatasan perjalanan).

Pastikan hunters mendaftar sebelum batas waktu yang ditentukan.

Bagaimana cara mendaftar program YSEALI?

  1. Daftar melalui aplikasi PFP YSEALI yang dapat diakses secara online di portal AIS Form

Lengkapi data yang dibutuhkan aplikasi, yaitu:

  • Konfirmasi kelayakan
  • Riwayat pendidikan
  • Pengalaman kerja yang komprehesif
  • Resume CV dalam bahasa Inggris
  • Tiga pertanyaan esai (motivasi, partisipasi akan mempengaruhi komunitas, bagaimana pengalaman program tersebut di gunakan untuk membangun proyek lanjutan di komunitas asal)
  • Dua referensi profesional
  • Perjanjian syarat dan ketentuan peserta yang ditandatangani
  • Perjanjian informend consent dewan Amerika yang ditandatangani
  • Memilih tema institu dan siklus program.
  • Submit data. Setelah data terekam, informasi selanjutnya akan dikirimkan melalui e-mail kamu

Apa saja tema instut yang diselenggarakan dalam program pertukaran?

  1. Civic Engagement

Hunters akan terlibat dengan manajemen non-pemerintah. Topik yang berkaitan dengan tema ini termasuk manajemen LSM. Hunters akan berkesempatan untuk berada dibidang pengembangan, menjangkau masyarakat, menciptakan kemitraan strategis, dan program pendidikan advokasi.

  1. Economic empowerment

Bagi kamu yang memilih tema economic empowerment akan dilibatkan dalam kegiatan ekonomi dan kewirausahaan.

  1. Governance and society

Governance and society berkegiatan dengan bidang legislatif. Hunters akan berkesempatan mempelajari aturan hukum, akses terhadap keadilan, kebebasan sipil, manajemen fisikal, anti korupsi, transparasi dan akuntabilitas.

  1. Sustainable Development and the Environment

Tema ini ditujukan kepada profesional untuk bidang ketahanan pangan dan air, kesehatan masyarakat, ekowisata, pengembangan inovatif, pengelolaan sistem pertanian dan pangan, sumber daya energi, tempat tinggal. Untuk bidang transportasi yaitu tanggap bencana alam, konservasi dan pemulihan sumber daya alam, penglelolaan limbah

Bagaimana hunters? Apakah kamu tertarik untuk mencoba? Klik link dibawah ini terkait informasi YSEALI PFP 2024 daftar di sini

 

Untuk lebih lanjut mengenai informasi beasiswa dan lainnya, silahkan follow media sosial scholarship4us.

Instagram: @scholarship4us

Facebook: Beasiswa Untuk Kita

Youtube: Beasiswa Untuk Kita

Tiktok: @scholarship4us 

 

Beasiswa Untuk Kita,

Dari Kita Untuk Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan