Office : Salatiga, Indonesia
+62813-1720-8424
info@scholarship4us.com

TOEFL, TOEIC, ELPT, IELTS, Apa sih Bedanya? Yuk Kenali!

TOEFL, TOEIC, ELPT, IELTS, Apa sih Bedanya? Yuk Kenali!

G’day scholarship hunters! Kali ini, scholarship4us akan share informasi tentang jenis-jenis tes kemampuan bahasa inggris bagi kalian yang ingin melanjutkan study ke luar negeri nih. Pastinya wajib banget untuk kalian tahu. Check this out!

Dengan perkembangan zaman yang pesat, kemampuan bahasa inggris telah menjadi suatu hal yang harus kamu miliki. Jika kalian mahir berbahasa Inggris, maka karir kalian akan semakin luas dengan berbagai kesempatan baru berdatangan. Terdapat banyak jenis tes bahasa Inggris, dimana memiliki  kegunaannya masing-masing. Misalkan kamu akan melanjutkan studi ke luar negeri, kamu akan membutuhkan jenis tes bahasa Inggris seperti IELTS, dll. Tes kemampuan berbahasa Inggris ada banyak jenisnya lho. Penasaran apa saja jenis tesnya? Berikut ini scholarship4us sudah merangkumnya untuk kalian!

1. TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

Pasti kalian sudah tidak asing dengan tipe tes ini kan? Nah, TOEFL sendiri biasa digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris seseorang sebelum berkecimpung di dunia akademis maupun profesional. TOEFL pertama kali diadakan oleh ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat pada tahun 1963. Tes ini memakan waktu hingga 3 jam. Kok lama sih? Karena, tes ini akan menguji seluruh aspek, mulai dari tes Listening Comprehension, Grammar Structure, Written Expression, and Reading Comprehension, dengan total skor minimalnya adalah 550. TOEFL sendiri terbagi menjadi tiga jenis metode tes, antara lain:

  • PBT (Paper Based Test) 

PBT-TOEFL atau Paper Based Test TOEFL merupakan jenis tes TOEFL berbasis kertas, dengan tiga sesi ujian yaitu Listening, Structure, dan Reading. Metode tes ini memiliki rentang skor 310 – 677. Untuk menyelesaikan tes ini, kamu membutuhkan waktu 2 hingga 2,5 jam.

  • CBT (Computer Based Test)

Jenis CBT-TOEFL pertama kali diselenggarakan pada tahun 1998. Tes ini menggunakan perangkat lunak resmi yang diterbitkan oleh ETS sebagai media pengujian. Pada tes jenis ini ada empat sesi ujian yaitu Listening, Structure, Reading, dan Writing. Rentang nilainya adalah 0-330 dengan lama waktu 2 hingga 2,5 jam.

  • iBT (Internet Based Test) 

iBT-TOEFL pertama kai diberlakukan pada tahun 2005. Jenis tes TOEFL ini dilakukan di computer tanpa perangkat lunak khusus sebagai media pengujian. Tes terdiri dari empat sesi yaitu Listening, Writing, Reading, dan Speaking, dengan nilai maksimum 120 dan berlangsung selama 4 jam. Jenis tes Bahasa Inggris ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Individual Test dan Integrated Test.

2. TOEIC (Test of English for International Communication)

TOEIC telah diselenggarakan ETS (Educational Testing Service) selama 25 tahun di seluruh dunia lho. TOEIC atau test of english for international communication menjadi salah satu tes yang wajib dilampirkan ketika akan melamar di beberapa perusahaan besar serta sejumlah institusi pemerintahan di Indonesia. Mengapa TOEIC diutamakan oleh banyak perusahaan di Indonesia? Jawabannya adalah CEFR atau the common european framework of reference for languages. Standar penilaian ini dinilai lengkap, karena mampu menelisik kemampuan bahasa inggris seseorang mulai dari kemampuan membaca hingga percakapan. 

Jenis tes ini dinilai lebih mudah dibanding tes TOEFL. Mengapa? Karena bentuknya pilihan ganda yang terbagi menjadi listening dan reading, dengan durasi tes sekitar 2 jam. Rentang skornya adalah 5 hingga 495 untuk setiap sesi. Sehingga jika dijumlahkan skor total yang didapat adalah antara 10 sampai 990. Untuk lulus, kalian harus memiliki skor setidaknya 5-495 pada setiap sesi.

3. ELPT (English Language Proficiency Test)TOELF

Bisa dibilang ELPT  adalah “adiknya” TOEFL karena secara struktur kedua tes ini sangat mirip, hanya saja ELPT ini versi lebih pendeknya. Karena standarnya di bawah TOEFL, jarang universitas luar negeri memita sertifikat ELPT. Selain itu juga karena sistem penilaian ELPT berbeda-beda di tiap kampus di Indonesia. Misalnya di ITB yang sistem nilainya 1-170, sedangkan di Unair rentang nilainya 310-677 .

4. IELTS (International English Language Testing System)

IELTS sangat terkenal karena tingkat kesulitannya. Tes IELTS wajib untuk diambil bagi kalian yang ingin membangun karier di luar negeri atau studi ke Australia, New Zealand, Amerika, dan Inggris. IELTS Pertama kali diselenggarakan pada 1989, dan saat ini telah menjadi tes favorit berbagai institusi pendidikan maupun profesional di luar negeri. Tes ini biasanya diadakan oleh IDP Australia, British Council, dan Cambridge English Language Assessment. 

IELTS sendiri terbagi menjadi dua jenis tes, yaitu General Training (untuk bekerja) dan Academic Training (untuk studi). Kalian boleh mengambil salah satunya saja ya. Ada 4 bagian tes, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Perbedaan IELTS dan TOEFL adalah IELTS berorientasi pada British English, sedangkan TOEFL lebih berorientasi pada American English. Rentang skornya adalah 0-9 dengan minimal skor permintaan adalah 6,5 atau 7. Hasil IELTS diakui oleh lebih dari 10.000 organisasi, termasuk lembaga pendidikan, perusahaan, asosiasi profesional, dan pemerintahan, di 145 negara di seluruh dunia.

5. CAE (Certificate of Advanced English)

Jenis tes ini mungkin sangat asing bagi kalian, bukan? Nah, tes CEA biasanya diadakan oleh Cambridge Exams. Kalian wajib mengambil tes ini jika ingin menekuni karier di Britania Raya. Tes ini terkenal lebih sulit dari IELTS. Oleh karena itu, tes ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah yakin dengan kemampuan bahasa inggrisnya. Hasil tes B atau A pada CAE dapat dijadikan bukti untuk kemampuan bahasa inggris C1, atau setara 110-120 dalam skor TOEFL atau 7-8 dalam skor IELTS. Kalian harus bangga jika lulus tes ini loh. Kenapa sih? Karena sertfikat CAE merupakan bukti pencapaian level yang tinggi dalam tes Bahasa Inggris, dimana diterima oleh lebih dari 6.000 institusi pendidikan, bisnis, maupun departemen pemerintahan di seluruh dunia.

Nah, itulah jenis-jenis tes kemampuan bahasa Inggris yang sangat bermanfaat untuk karir kalian, para scholarship hunters. Kira-kira kalian tertarik mencoba yang mana nih? Oh ya, di artikel selanjutnya, scholarship4us akan share sebuah informasi beasiswa lho. Penasaran? Kalau gitu, jangan lupa follow akun sosial media kami untuk mendapatkan update tentang informasi beasiswa, ya. 

Instagram: @scholarship4us

FB: Beasiswa Untuk Kita

YouTube: Beasiswa Untuk Kita

Beasiswa Untuk Kita

Dari Kita Untuk Indonesia 

Don't forget to share :)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *