Office : Salatiga, Indonesia
+62813-1720-8424
info@scholarship4us.com

TIPS JITU KULIAH BEASISWA DI UNIVERSITY OF LEEDS, UK

TIPS JITU KULIAH BEASISWA DI UNIVERSITY OF LEEDS, UK

beasiswa untuk kita @scholarship4us

Hallo semuanya!!! Perkenalkan saya Rachmad Adi Riyanto, merupakan Alumni S2 LPDP di University of Leeds, lulus tahun 2017 kemudian per Oktober 2018 saya melanjutkan studi S3 di Gifu University, Jepang dengan beasiswa MEXT dari pemerintah Jepang. Tapi untuk topik malam ini kita bahas tentang S2nya saja ya, karena S3 saya masih OTW maka belum banyak yang bisa diceritakan.

Sebenernya beasiswa LPDP tidak hanya diperuntukkan untuk S2 saja tapi bisa juga untuk S3 bahkan untuk program pendidikan dokter spesialis bagi lulusan kedokteran. Tapi malam hari ini kita fokuskan ke beasiswa S2 LPDP saja dikarenakan saya merupakan salah satu alumni S2 LPDP.

LPDP merupakan sebuah lembaga di bawah kementerian keuangan yang bertugas untuk mengelola dana abadi pendidikan salah satunya dengan pemberian beasiswa S2, S3 dan dokter spesialis juga beasiswa disertasi S3, baik untuk studi di dalam maupun di luar negeri. Setiap tahunnya LPDP menerima rata2 sekitar 5,000 awardee (sebutan bagi penerima beasiswa LPDP) selengkapnya tentang LPDP, teman-teman bisa kepoin di websitenya langsung ya di https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/

Kenapa saya daftar beasiswa LPDP?
Sebenernya dulu saya menjadikan LPDP sebagai alternatif kedua, setelah lulus S1 pada akhir 2014 lalu, saya sangat ingin melanjutkan studi S2 di Arab Saudi, awal tahun 2015 saya mendaftar ke King Saud University, Arab Saudi akan tetapi sampai pertengahan tahun 2015 ternyata belum juga ada pengumuman, tidak ingin berada dalam ketidakpastian akhirnya saya putuskan untuk mendaftar LPDP, ketika saya mendaftar LPDP pun kampus tujuan saya waktu itu masih King Saud University, Arab Saudi bukan University of Leeds, tapi akhirnya saya kuliahnya di Leeds.

LPDP menjadi salah satu primadona beasiswa di Indonesia karenlengkapnya bisa teman-teman baca sendiri di websitenya ya https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-reguler-2/ secara umum syarat beasiswa seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat bahasa asing, esai, dan lain-lain.

Untuk LPDP ini harus sudah ada ijazah sehingga teman-teman harus sudah lulus kuliahnya dulu baru bisa daftar, yang masih skripsian atau masih menunggu wisuda dan belum ada ijazah belum bisa daftar. Ada beberapa hal yang perlu teman-teman
perhatikan ketika mendaftar beasiswa LPDP, di antaranya:

1. Niatkan karena Allah
Insya Allah segala sesuatu yang diniatkan untuk mendapatkan ridho Allah maka Allah akan mempermudah jalannya.

2. Buatlah checklist persyaratan beasiswa
Persyaratan beasiswa LPDP lumayan banyak, jangan sampai ada 1 pun yang terlewat, maka membuat checklist akan membantu teman-teman agar tidak melewatkan 1 persyaratan pun, selain itu juga perlu disesuaikan dengan deadline pendaftarannya agar semua persyaratan yang ada di checklist lengkap sebellum deadlinenya.

3. Pastikan semua persyaratan terpenuhi
Misal disyaratkan IPK minimal 3,0 ya harus sesuai, jika IPKnya di bawah 3,0 maka jangan harap akan bisa lolos. Pun dengan syarat bahasa misal IELTS minimal 6,5 ya harus segitu, tidak boleh kurang.

4. Cermat dalam mengisi formulir pendaftaran

Ketika teman-teman sudah klik submit formulir pendaftaran maka teman-teman tidak akan bisa lagi mengubahnya, jadi harus teliti, cermat, jangan sampai ada typo atau kesalahan lain yang justru bisa merugikan nantinya.a semua kebutuhan kita dicover oleh LPDP, mulai dari transportasi, uang bulanan, SPP dan lain sebagainya. Menurut saya, beasiswa LPDP merupakan salah satu beasiswa yang paling “mensejahterakan” dibandingkan dengan beasiswa lain, secara nominal bisa dibilang paling tinggi. Selain itu juga ikatan alumninya yang kuat dan tersebar di seluruh Indonesia menjadikan beasiswa ini makin menjanjikan. Wahh berarti bisa dibilang beasiswa LPDP ini rata-rata fully funded ? Ya memang fully funded. Beasiswa dikatakan fully funded jika tidak hanya cover SPP saja, tapi juga biaya hidup. persyaratan 

5. Kenali diri dengan baik dan tetap percaya diri
Kita harus mampu mengenali diri kita dengan baik sehingga tahu informasi apa saja yang akan dimasukkan ke dalam formulir pendaftaran misalnya terkait pengalaman organisasi, pengalaman kepanitiaan dsb tidak harus semua kita masukkan tapi kita tahu mana yang menjadi prioritas informasi untuk dimasukkan ke dalam formulir pendaftaran tersebut.

6. Cari rekomendasi dari tokoh berpengaruh
Salah satu dokumen yang wajib dikumpulkan adalah surat rekomendasi, ada baiknya untuk dapatkan rekomendasi dari tokoh yang berpengaruh, siapa tahu akan semakin meyakinkan reviewer dalam meloloskan kita.

7. Susun esai terbaikmu
Salah satu syarat LPDP ada diminta membuat esai, maka susunlah esai terbaikmu dan usahakan untuk highlight kontribusimu untuk Indonesia, karena memang LPDP mencari orang2 yang kontributif terhadap negara ini.

Bagaimana sistem kuliah di University of Leeds ?
Jadi dulu saya di Leeds untuk program S2, MSc Food Science and Nutrition. Durasi studi S2 di sana hanya 1 tahun, iya cuma setahun saja, bahkan kalau dihitung sebenernya malah cuma 11 bulan dan sudah lulus S2nya.

Perkuliahannya sama seperti di Indonesia, dosen menjelaskan kita mendengarkan, kalau ada yang gak jelas bisa tanya langsung ke dosen, bahkan memotong pembicaraan dosen juga diperbolehkan jika memang di tengah penjelasan ada yang
ingin ditanyakan. Semua disampaikan dalam bahasa Inggris, ya jelas ya karena studinya juga di Inggris hehe. Enaknya kalau misal di kelas masih belum juga paham, kita bisa memutar ulang video rekaman kuliah, jadi di setiap kelas di University of Leeds dilengkapi kamera untuk merekam keberjalanan kelasnya.

Di akhir semester ada ujian tertulis, sama sepertii di kita, ujiannya kebanyakan berupa esai, jawaban panjang-panjang, tersedia beberapa soal ada yang wajib dijawab ada yang pilihan, misal ada 4 soal diminta pilih 2 yang harus dijawab gitu, mungkin model seperti ini juga ada di Indonesia. Ada praktikum juga, bekelompok, laporannya ada yang individu ada juga laporan berkelompok, jadi ya gak jauh beda sih dengan di Indonesia,

Karena durasi hanya 1 tahun, maka penelitiannya cukup singkat, hanya diberi waktu 8 pekan untuk menyelesaikan penelitian sampai nulis laporan dan presentasi. Untuk mendapatkan LOA universitas tersebut bagaimana?

Untuk Leeds, proses pendaftarannya semuanya online, via website SPMB kampusnya, semua dokumen diunggah dalam website pendaftaran, kemudian nanti akan mendapatkan hasil keputusan melalui email. saya dulu mendaftar ke Leeds sebelum punya IELTS sehingga ketika diterima statusnya masih LoA conditional, kemudian setelah ada IELTS saya kirim via email dan LoAnya berubah menjadi Unconditional.

LOA bersifat conditional, jika ada syarat yang belum terpenuhi, misal dalam kasus saya kurang IELTS, dan menjadi unconditional kalau sudah terpenuhi semua, unconditional artinya sudah 100% fixed diterima. Informasi lengkap tentang Leeds bisa diakses di http://www.leeds.ac.uk/

Pemateri :

Rachmad Adi Riyanto (@rachmadadir)

Best regards, @scholarship4us

Don't forget to share :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *