Office : Salatiga, Indonesia
+62813-1720-8424
info@scholarship4us.com

SERBA SERBI JEPANG: NEGARA DENGAN SALAH SATU SISTEM PENDIDIKAN TERBAIK DI DUNIA

SERBA SERBI JEPANG: NEGARA DENGAN SALAH SATU SISTEM PENDIDIKAN TERBAIK DI DUNIA

G’day scholarship hunters! Anyway, kali ini scholarship4us akan share informasi tentang negara Jepang loh. Apa aja sih fakta-fakta unik dan menarik dari negara yang dijuluki matahari terbit? Yuk, baca artikelnya hingga selesai ya!

Keunikan Pendidikan di Jepang

Orang Jepang dikenal pintar, sopan, dan pekerja keras, sehingga menjadikan Jepang sebagai negara maju. Salah satu faktor penting dalam hal ini adalah sistem pendidikan Jepang yang benar-benar hebat. Berikut adalah keunikan-keunikan dari sistem pendidikan di negeri sakura.

1.Pendidikan karakter dan moral lebih diutamakan daripada ilmu pengetahuan. 

Pada 3 tahun pertama pendidikan, anak-anak diajarkan untuk menjadi pribadi yang berkarakter baik. Bahkan di sekolah tidak ada ujian sampai mereka masuk di kelas 4. Para siswa belajar bagaimana menjadi murah hati dan berempati, menghormati orang lain, dan menjaga alam, serta makhluk hidup lainnya.

2. Tahun ajaran baru di musim semi

Sekolah-sekolah di Jepang memulai tahun akademik pada musim semi atau saat mekarnya bunga Sakura. Inilah yang membuat para murid bersemangat untuk menghadapi tahun ajaran baru.

3. Kemandirian sangat ditekankan

Hampir seluruh sekolah di Jepang tidak memiliki Office Boy. Kebersihan lingkungan sekolah menjadi tanggung jawab seluruh siswa. Mereka diberikan peran untuk membersihkan lingkungan kelas secara bergilir.

4. Pelajar di Jepang sangat rajin

Di Jepang, tingkat kehadiran siswa bernilai 99% loh! Hal ini dikarenakan murid-murid di Jepang sangat menghargai waktu belajar di sekolah. Patut dicontoh nih sobat scholarship hunters!

5. Seni adalah mata pelajaran wajib

Pendidikan seni dan budaya tradisional adalah mata pelajaran wajib di sekolah. Tujuannya agar siswa tidak melupakan nilai – nilai luhur budaya Jepang. Kebudayaan yang dipelajari adalah kaligrafi Jepang (Shodo) dan juga puisi Jepang (Haiku).

6. Sebagian besar siswa selalu naik kelas

Sangat jarang ada siswa yang tinggal kelas karena mereka sangat antusias dengan kegiatan ekstrakurikuler, workshop di hari libur, dan les privat. Waah, rajin banget ya!

7. Makanan sekolah yang berstandar kesehatan

Sekolah di Jepang sangat memperhatikan kesehatan siswa, salah satunya adalah dengan menyediakan makan siang yang bergizi seimbang. Sekolah bahkan mempekerjakan tenaga profesional di bidang kesehatan makanan, lho!

8. Wajib memakai seragam

Seragam disimbolkan sebagai identitas kesetaraan tanpa membeda-bedakan siapa derajat dan status sosial.

9. Ujian penentu masa depan

Terdapat satu ujian untuk menentukan apakah mereka dapat mendaftar di perguruan tinggi atau tidak. Mereka hanya memiliki satu peluang untuk masuk perguruan tinggi yang mereka impikan.

10. Sistem wajib pendidikan 9 tahun

Periode gimukyoiku (wajib belajar) adalah 9 tahun. 6 di shougakkou (sekolah dasar) dan 3 di chuugakkou (sekolah menengah pertama). Jika dirincikan menjadi 6-3-3-4.

11. Jam sekolah yang lama

Umumnya, jam belajar di Jepang dimulai dari pukul delapan pagi hingga pukul tiga sore.

12. Jumlah mata pelajaran sedikit

Sekolah di Jepang memiliki jumlah mata pelajaran yang sedikit. Bahkan siswa di Jepang bisa memilih sendiri mata pelajaran yang diinginkan.

Nah, setelah mengetahui keunikan system pendidikan di Jepang, yuk kita cari tahu apa saja budaya-budaya dari Jepang!

Budaya Unik yang Tetap Terjaga

Budaya adalah suatu cara hidup yang dimiliki bersama oleh sebuah kelompok dan diwariskan dari generasi ke generasi. Jepang memiliki berbagai kebudayaan dan kesenian yang dikenal banyak orang. Berikut ini budaya-budaya unik Jepang yang harus kalian tahu.

1.Kimono

Kimono adalah pakaian tradisional Jepang yang sangat populer. Kimono pada dasarnya adalah sebuah jubah panjang yang dilengkapi dengan sabuk di pinggang (obi). Dahulu, kimono digunakan untuk kegiatan sehari-hari, namun pada saat ini, komono hanya digunakan di acara-acara khusus, seperti upacara atau festival, serta pesta pernikahan.

2. Kuliner

Makanan Jepang yang dikenal sebagai beberapa yang terbaik di dunia. Tentu saja salah satu jenis yang paling terkenal adalah sushi. Makanan favorit lainnya yang tak kalah enaknya, yaitu sashimi, yakitori, ramen, teppanyaki, shabu-shabu, onigiri, dan masih banyak lagi. Sobat scholarship hunters sudah pernah cobain yang mana nih?

3. Festival Hanami

Setiap tahun, orang Jepang merayakan awal musim semi dengan melihat bunga sakura yang bermekaran atau biasa disebut dengan festival Hanami. Festival ini diadakan di seluruh Jepang, mulai dari bagian selatan Jepang bertahap ke utara.

4. Upacara Minum Teh (Sado

Upacara minum teh adalah ritual sebagai semacam meditasi dan sebagai cara untuk menghormati tamu dan membawa orang. Banyak unsur Buddha dalam upacara minum teh.

5. Kaligrafi (Sodo)

Jepang memiliki tradisi panjang menciptakan beberapa kaligrafi yang paling indah di dunia.

6. Ikebana (Kado)

Ikebana adalah seni kuno merangkai bunga. Ada banyak aspek seni ini, seperti harmoni, keseimbangan, dan kesempatan untuk berkomunikasi dengan alam.

7. Pertandingan Sumo

Sumo adalah gulat gaya Jepang yang berasal dari zaman kuno sebagai pertunjukan untuk menghibur para dewa Shinto.

8. Geisha dan Maiko

Geisha adalah wanita yang mengenakan kimono dan make up khusus, yang menghibur para tamu dengan menampilkan tradisi kuno seni, tarian dan nyanyian. Maiko adalah geisha yang bekerja di Kyoto dan Jepang Barat.

9. Aktor Kabuki 

Kabuki adalah tradisi kuno teater Jepang yang diproduksi dan dimainkan sejak abad ke-17. Awalnya, Kabuki dilakukan oleh wanita dan anak laki-laki. Namun, pertengahan abad ke-17, gaya kabuki berubah dan menjadi dunia eksklusif pria.

10. Nihon shu atau sake (arak) Jepang

Sake dibuat dari beras berkualitas, koji moulda, ragi, dan air bersih. Kamu dapat menikmati Sake di restoran, izakaya, dan bar Jepang.

Nah, sobat scholarship4us, sekarang kalian penasaran dengan universitas apa saja yang menjadi universitas terbaik di Jepang? Kalau ya, kalian harus baca ini! Mudah-mudahan bisa berkuliah di salah satunya ya.

Segudang Universitas yang Berkualitas

Saat ini Jepang memiliki 780 universitas yang di mana lebih dari 80% adalah lembaga swasta. Lalu, apa saja universitas terbaik di Jepang? Daftar berikut diambil berdasarkan QS World University Rankings, dimana penilaiannya berdasarkan pada indikator rasio mahasiswa internasional, rasio fakultas internasional, rasio mahasiswa fakultas, sitasi perfakultas, reputasi akademik, dan reputasi pemberi kerja. Ada universitas apa aja ya? Yuk disimak 10 Kampus Terbaik di Jepang Versi QS World University 2021, ada Tokyo University hingga Waseda University loh!

1.University of Tokyo

Peringkat dunia: 24

Nilai rata-rata: 83,2

Universitas Tokyo adalah salah satu universitas riset terkemuka di Jepang. Tingkat penerimaan Universitas Tokyo adalah 34.2%.

2. Kyoto University

Peringkat dunia: 38

Nilai rata-rata: 78,9

Universitas Kyoto adalah universitas tertua kedua di Jepang. Saat ini, tingkat penerimaan Universitas Kyoto adalah 37%.

3. Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech)

Peringkat dunia: 56

Nilai rata-rata: 70,8

Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech) adalah universitas negeri yang telah berusia lebih dari 130 tahun. Universitas yang memiliki 3 kampus ini juga menawarkan satu program S1, dan beberapa program S2 dan S3 dalam bahasa Inggris.

4. Osaka University

Peringkat dunia: 72

Nilai rata-rata: 66,1

Didirikan pada tahun 1838, Universitas Osaka adalah universitas riset publik. Saat ini, tingkat penerimaan Universitas Osaka adalah 41%.

5. Tohoku University

Peringkat dunia: 79

Nilai rata-rata: 64,3

Universitas Tohoku adalah universitas kekaisaran ketiga dan salah satu dari tujuh Universitas Nasional di Jepang. Tingkat penerimaan Universitas Tohoku adalah 41%.

6. Nagoya University

Peringkat dunia: 111

Nilai rata-rata: 55,8

Nagoya University adalah universitas yang berfokus pada penelitian. Menawarkan program S1 dalam bahasa Inggris untuk jurusan: Teknik Otomotif, Kimia, dan Ilmu Sosial. Sementara program S2 yang ditawarkan adalah Kedokteran, Fisika, Matematika dan Studi Budaya Jepang di Asia.

7. Kyushu University

Peringkat dunia: 124

Nilai rata-rata: 53,7

Kyushu University adalah Universitas Nasional Jepang dan juga universitas tertua ke-4 di Jepang. Tingkat penerimaan Universitas Kyushu adalah 42.4%.

8. Hokkaido University

Peringkat dunia: 140

Nilai rata-rata: 52,2

Universitas Hokkaido adalah anggota Universitas Kekaisaran yang merupakan lembaga penelitian terbaik.

9. Waseda University

Peringkat dunia: 190

Nilai rata-rata: 44,1

Didirikan pada tahun 1882, Universitas Waseda adalah universitas riset swasta Jepang di Shinjuku, Tokyo. Saat ini, tingkat penerimaan Universitas Waseda adalah 15%.

10. Keio University

Peringkat dunia: 191

Nilai rata-rata: 44

Universitas Keio adalah universitas swasta dan salah satu lembaga swasta tertua di Jepang. Saat ini, tingkat penerimaan Universitas Keio adalah 23.7%.

Gimana scholarship hunters? Menarik sekali kan keunikan-keunikan Jepang dari pendidikan, budaya, hingga daftar top university di sana. Kalian jadi pengen kuliah di Jepang enggak, nih? Kalau kalian ingin, keep in update dengan artikel di periode selanjutnya yak karena scholarship4us punya informasi beasiswa ke Jepang loh. Maka dari itu, jangan lupa follow akun sosial media kami ya.

Instagram: @scholarship4us
FB: Beasiswa Untuk Kita
YouTube: Beasiswa Untuk Kita

Min’na arigatō, sayōnara

 

Beasiswa Untuk Kita

Dari Kita Untuk Indonesia

Don't forget to share :)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *