PENGUSAHA-POLITISI LULUSAN LUAR NEGERI

Hallo scholarship hunters! Pasti banyak nih dari para hunters yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri kan? Berkuliah di luar negeri memang menjadi impian dari sebagian besar kaum muda dengan bekal jiwa petualang. Lalu, pernah kepikiran nggak sih lulusan luar negeri karirnya bagaimana?

Pada dasarnya, gelar pendidikan tidak sepenuhnya menjadi penentu karier. Pada dasarnya karier seseorang ditentukan oleh diri sendiri. Dan jika bertanya karier para lulusan luar negeri yang sukses di Indonesia, tentu sudah banyak hunters ketahui. Seperti Maudy Ayunda, Cinta Laura, Najwa Shihab, dan masih banyak lagi.

Jadi, pada kesempatan kali ini scholarship4us akan membagikan kisah-kisah lulusan luar negeri yang sukses di Indonesia, khususnya dalam bidang wirausaha dan politik. Yuk simak yuk! Untuk hunters yang punya impian jadi pengusaha sekaligus politisi wajib banget baca artikel ini!


Nadiem Makarim

Siapa sih yang nggak kenal sama Nadiem Makarim, seorang Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia ini? Selain dikenal sebagai seorang Menteri, beliau juga dikenal sebagai pengusaha sukses dalam bidang transportasi loh, yaitu Gojek.

Sebelum menjadi Menteri, Nadiem pernah berkarier sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company, Managing Editor di Zalora Indonesia, Chief Innovation Officer (CIO) di Kartuku hingga akhirnya beliau memilih fokus mengembangkan Gojek yang telah dirintisnya sejak tahun 2011. Saat ini Gojek menjadi perusahaan rintisan terbesar di Indonesia.

Setelah mengetahui perjalanan karir Pak Nadiem Makarim sebelum menjadi seorang Menteri, pasti hunters penasaran dengan background Pendidikan beliau, kan? Nadiem dulunya menjalani pendidikan dasar hingga SMA berpindah-pindah, dari Jakarta ke Singapura. Setelah menyelesaikan pendidikan SMA di Singapura, beliau mengambil jurusan Hubungan Internasional di Universitas Brown, Amerika Serikat. Nadiem sempat mengikuti pertukaran pelajar di London School of Economics. Setelah memperoleh gelar sarjana, beliau melanjutkan pascasarjana dan meraih gelar Master of Business Administration di Harvard Business School.


Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, ya beliau adalah Sandiaga Uno. Beliau merupakan lulusan dari Wichita State University, Amerika Serikat dengan predikat summa cum laude. Kemudian beliau melanjutkan studi dengan beasiswa di Universitas George Washington, Amerika Serikat, setelah setahun menjadi karyawan di Bank Summa.

Sebelum berkiprah di dunia politik, Sandiaga Uno pernah berkarier di Seapower Asia Investment Limited di Singapura, Mp Holding Limited Group, Nti Resource Ltd di Kanada, hingga membuka usaha konsultan keuangan. Tahun 1997, Sandiaga Uno mendirikan PT Recapital dengan teman SMA-nya. Selepas itu, beliau mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya yang bergerak pada bidang pertambangan, telekomunikasi, dan produk kehutanan.

 

Erick Thohir

Erick Thohir merupakan seorang pengusaha dan pendiri Mahaka Group, yaitu perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment. Menteri BUMN ke-9 ini lulusan sarjana dari Glendale University, Amerika Serikat. Selanjutnya, Erick Thohir melanjutkan pendidikan program master di Universitas Nasional California, Amerika Serikat.

Selain menjabat sebagai Menteri, Erick Thohir juga memiliki bisnis di bidang olahraga, yaitu mengakuisisi klub sepak bola yang berlaga di seri A yakni F.C Inter Milan pada November 2013. Bersamaan dengan itu beliau juga memiliki klub sepak bola Amerika, D.C. United dan juga pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

 

Gimana nih hunters setelah membaca kisah dari tiga Menteri kita yang ternyata juga seorang pengusaha dan lulusan luar negeri? Bahkan ada juga loh yang dulunya kuliah di luar negeri dengan beasiswa, makin tertarik kan?!
Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa di dalam maupun luar negeri silahkan kunjungi sosial media scholarship4us.

Instagram: @scholarship4us
Facebook: Beasiswa Untuk Kita
Youtube: Beasiswa Untuk Kita
Tiktok: @scholarship4us

Beasiswa Untuk Kita,
Dari Kita Untuk Indonesia.

Tinggalkan Balasan