Maroko Negara Universitas Tertua di Dunia?

Hello scholarship hunters! Pendidikan tinggi hadir mengiringi peradaban manusia. Pendidikan tinggi tidak terlepas dari institusinya yang salah satunya yaitu universitas. Asia dan Afrika merupakan benua pendahulu universitas yang sudah lama ada. Namun, untuk sistem universitas modern berawal di Eropa tepatnya pada abad pertengahan. Lalu, apa benar universitas tertua di Maroko?

Maroko merupakan negara yang berada di benua Afrika dan berdekatan dengan benua Eropa. Menurut beberapa sumber menyatakan bahwa universitas tertua berada di Maroko. Tidak heran jika berada di negara Maroko, sebab pendahulu universitas sudah lama ada di Afrika dan sistem universitas modern berawal di Eropa. Maroko merupakan negara yang strategis di antara dua benua tersebut.

 Al Karaouine di Negara Maroko

Al Karaouine, dari beberapa sumber mempercayai sebagai universitas tertua di dunia yang berada di Kota Fez ini berdiri sejak tahun 859 Masehi. Fatima Al Fihri merupakan sosok yang mendirikan Al Karaouine. Sudah berumur hampir 12 abad, universitas ini dulunya berfungsi sebagai masjid yang sering disebut Jami’ah Al-Qarawiyyin. sebagai pusat pendidikan komunitas muslim setempat. 

Al Karaouine atau University of al-Qarawiyyin ada pada masa keemasan islam, yang mana al-Qarawiyyin ini  sebagai pusat pendidikan dan spiritual terbesar. Ada yang mengatakan bahwa al-Qarawiyyin awalnya merupakan perguruan tinggi untuk ilmu alam yang kemudian pada tahun 1957 mengalami penambahan jurusan seperti matematika dan bahasa asing. 

Pada 1963, al-Qarawiyyin dikelompokkan menjadi sistem perguruan tinggi negeri di Maroko dan itulah awal mula pemberian nama University of al-Qarawiyyin. Kemudian pada tahun 1998 mendapatkan penghargaan dari  Guinness Book of World Records sebagai universitas tertua yang masih beroperasi hingga saat ini. Pendidikan di University of al-Qarawiyyin berkonsentrasi pada pelajaran agama islam dan ilmu hukum serta terkenal akan pelajaran sastra arabnya. 

Secara legalitas, University of al-Qarawiyyin berada di bawah naungan Kerajaan Maroko. Al-Qarawiyyin ini memiliki kurikulum pendidikan yang memadukan ilmu agama dengan ilmu umum. Alumni dari University of al-Qarawiyyin merupakan tokoh dunia seperti Ibnu Khaldun dan Ibnu Rusyd. Mereka merupakan tokoh dunia yang ahli dalam bidang sosiologi dan filsafat.

Ada yang tertarik untuk berkuliah di universitas tertua di dunia ini? Tentu ada dong. Sedikit informasi bahwa University of al-Qarawiyyin ini juga membuka program beasiswa bagi pelajar asing termasuk santri asal Indonesia. Tentunya ada ketentuan-ketentuan yang dipenuhi untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Untuk informasi menarik lainnya seputar pendidikan tinggi, ikuti terus sosial media scholaship4us ya hunters. See you…

 

Instagram: @scholarship4us

Facebook: Beasiswa Untuk Kita

Youtube: Beasiswa Untuk Kita

Tiktok: @scholarship4us

 

Beasiswa Untuk Kita,

Dari Kita Untuk Indonesia.

Tinggalkan Balasan