Office : Salatiga, Indonesia
+62813-1720-8424
info@scholarship4us.com

KULIAH DI JERMAN? WHY NOT !!!

KULIAH DI JERMAN? WHY NOT !!!

scholarship4us

Hallo semuanya, semoga sehat ya. Seperti yg sudah di paparkan bahwa saya sedang kuliah di jerman dgn jurusan bisnis management dan administrasi strata S1 di Osnabrück Uni of Applied sciences. Karena saya sedang kuliah maka saya akan menjelaskan sistem kuliah disini, tapi sebelumnya saya akan menjelaskan sistem daftarnya ya.

  1. Kuliah di jerman pada dasarnya tdk gratis, karna kita harus ttp membayar uang semesteran ( di saya 300€ ). Dgn bayar Uang tersebut kita akan mendapat campuscard untuk akses perpus, cafetaria, disconting student seperti kunjungan Museum, wahana dll, dan jln2 *gratis* naik kereta ke seluruh provinsi kota kita. ( ex di indo : kuliah di semarang, nnt gratis jln2 ke seluruh provinsi jawa tengah)
  2. Untuk S1 tdk ada beasiswa sebenarnya.

Karna pemerintah jerman memsubsidi gratis untuk jenjang s1 atau sangat menjunjung tinggi pendidikan dasar yg harus merata.

Jadi sistem atau syarat buat daftar S1 mahasiswasi asing adalah :

– Deposit( uang jaminan buat kita hidup 1 tahun diawal) sebesar 10.326€ yang harus di isi di rekening jerman ( untuk jenis2 rekening nya biasanya yg sering di pake adalah *DEUTSCHE BANK* = ini rekomendasi saya, ga usah pake rekening yg aneh2 pas di awal, karna Deutsche Bank (DB) sangat gampang untuk urusan pembayaran dll.

Note: uang itu nantinya buat kita juga kok.

Itu adalah uang jaminan untuk kita bisa lolosin visa di kedutaan jerman Indonesia jakarta.

Kalian tentunya tau kalo sebelum melamar kuliah dijerman harus namanya wajib 1 tahun sekolah penyetaraan yg namanya *STUDOENKOLLEG* (STK) kan? Nah apa itu? (Bisa di cari di google lebih lengkapnya).

Nah kalo uang 10.326€ kalian belum ada, kalian bisa bgt untuk melakukan hal di *bawah ini* :

Cara ke pertama :

Studienkolleg (STK) di Indonesia ( tempatnya di JKT/SERPONG). Ini dilakukan biar kalian bisa hemat ga bayar uang deposit yg *10rb euro tadi* , nnt kalian STK di situ, kalo udh ijasahnya baru buat lamar masuk UNI di jerman ( cara lamarnya ada 2 cara : pake *UNI ASISST* atau pake *HOCHSCHULSTART*. Bedanya apa? Uni assist kalian di urusin org jerman dan bayar, hochschulstart kalian urus sendiri dan tentu gratis.

Plusnya = Lumayan kalian STK diindo bisa hemat biaya hidup di jerman dan hemat 10 rb euro di tahun pertama 😊.

Minusnya = kalian ga belajar langsung budaya jerman di negara jermannya, sdh pasti kalian sampai jerman kulturschock lagi. Klo kalian ga dari Jakarta atau serpong.

Note : saran aku STK saja di Indonesia, tujuan awal ke jerman kan KULIAH bukan SEKOLAH PENYETARAAN. Ini harus digaris bawahi sangat *keras*.

STK dijerman pun untuk masuk ada tesnya.

Nama tesnya adalah ANP ( Aufnahmenprüfung ). ANP ini nnt beda2 jenisnya ( bisa cari di google dulu)

Click here

Cara ke dua :

Kalian bisa ikut program namanya FSJ , ini adalah program volunter dijerman selama 1 Tahun dan menurut aku *highly REKOMEN*. Ngapain FSJ? Sejenis kalian kerjanya kyk ngajar di suatu TK gitu ama anak2 kebanyakan. rumah dibayarin, dapet gaji per bln 400€ an, asuransi dibayarin. Enak pokoknya.

Buat daftarnya? Kalian buka google ketik *Stelle für FSJ Program bewerben*, yg artinya : lowongan kerja lamaran untul FSJ,nnt muncul banyak listnya.  Persyarataannya beda2. Silakan dibaca satu satu yg cocok. Nah habis FSJ 1 tahun, barulah kalian daftar Kuliah. Buat daftarnya kalian emang masih wajib bayar 10.236 euro tadi, tapi enaknya ikut program ini kalian bisa cicil2 dikit uangnya dr hasil gaji kalian kan.

Cara ke tiga :

 Ikut sekolah VOKASI/Ausbildung namanya. Nah buat yg ini biasanya bbrp mereka2 yg mau kuliah dijerman tapi terkendala uang deposit atau memang mau langsung sekolah vokasi saja. Ausbildung sendiri daftarnya sama, cari di google dan liat persyarataannya apa saja yg diperlukan. Cari dan ketik *Stelle frei für Ausbildung in Deutschland bewerben*.

Tapi ga enaknya, Ausbildung ini durasinya 3 tahun .tapi habis selese kalian langsung bisa kuliah tanpa STK (Studienkolleg/ sekolah penyetaraan) tadi.

AUSBILDUNG jenisnya banyak : ada yg kerja di perhotelan,koki, di bmw ,di volkswagen dll.

*Dan digaji 1 bln kurang lebih 1200€ atau serata =16 jta 800*

Ini Sistem kuliahnya disini ya  :

*1 Semester terdiri dari 6 matkul ( di jerman matkul disebut: *MODUL*.

Setiap matkul hanya boleh remidi sebanyak 3x saja ya, setelahnya, sebanyak apapun credit point yg sdh kita kumpulin,sejauh apapun semeester yg sdh kita lalui, kalo ada 1 mata kuliah udh remidi 3x dan tdk lulus maka akan di D.O

 Note : hindari melamar kuliah di daerah provinsi BADEN WÜTTENBERG  karna disana S1 untuk mahasiswa asing harus bayar 1000 euro per semester.  🙂 jdi anak indo disana sudah mulai sedikit atau hampir tdk ada.

Untuk beasiswa s2/s3 baru ada beasiswa.

Dokumen yang diperlukan:

  1. Ijasah yg diterjemahkan di bahasa jerman ( ke notaris yg tersumpah ya ) setelahnya pergi kekedubest jkt untuk legalisir dan jgn lupa bikin Appointment dulu online.
  2. Uang deposit yg tdi saya paparkan
  3. Visa
  4. Serifikat bahasa level B1 Minimal ya. Lesnya di Goethe bisa, daerah bandung rekomen di BBG nama Institute nya. Lesnya murah, anak2 lulusan situ grammernya bagus2.
  5. Surat motivasi mau kuliah apa, kenapa dijerman, kenapa di univ yg kalian mau tuju. Note : tulis yang real, konstruktiv, berambisi, buat kalian berkarakter kuat, dan yg paling penting *jangan lupa motivasi letternya dipas kan juga mau kuliah apa*

Misal : kalian mau kuliah Technik kimia tapi nilai kimiannya sangat kurang bagus. Jgn bikin motivation letter ttg mau kuliah itu. Cari aja jurusan yg lainnya. Misal management

Karna at the end, kalian sedang mencoba meloloskan visa di kedutaan.

Note : Motivasi dari Narasumber

 1. Jangan minder karna kendala bahasa.

Yg bisa survive dijerman bukan yg pintar, tapi yg berkarakter kuat *tahan banting dlm banyak kondisi*. Jdi karakter itu nomer satu, skill can be develop time to time.

2. Semisal ingin melamar kerja, HRD yg baik akan lebih memprioritaskan orang-orang yang berkarakter baik untuk hasil yg long term dan menjaga kestabilitasan kinerja.

3. Hidup harus terus bergerak. Kalau hanya Kuliah,Pulang,Lulus,Kerja,Nikah maka semua org juga melakukan hal yg sama. Jadi bikin diri kalian se high valueable mungkin dengan banyak pengalaman.

Sekian & terimakasih. Semoga bermanfaat sharing sesinya ya. Good luck scholarship hunters!!!

Pemateri : Hilyana Aulia (Mahasiswa di Osnabrück Uni of Applied sciences, Jerman)

Don't forget to share :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *