Office : Salatiga, Indonesia
+62813-1720-8424
info@scholarship4us.com

KIAT SUKSES TEMBUS BEASISWA S2 Turkey BURSLARI SCHOLARSHIP, TURKEY

KIAT SUKSES TEMBUS BEASISWA S2 Turkey BURSLARI SCHOLARSHIP, TURKEY

beasiswa untuk kita @scholarship4us

Merhaba teman teman semuanya. Baik perkenalkan diri dulu ya. Saya Muhammad Fakhri Al-Kahfi, asal Lampung. Awardee YTB 2019, sekarang S2 di Islamic Economics and Finance di Istanbul University.

Pertama kita perkenalan apa si YTB, YTB merupakan singkatan dari : Yurtdışı Türkler Ve Akraba Topluluklar Başkanlığı (Bagian urusan orang-orang Turki yang di luar negeri dan kelompok-kelompok kerabat) Yang langsung dibawah Perdana Menteri. Tapi sekarang dan bagi khalayak ramai YTB ini bisa kita sebut juga dengan Turkiye Bursları.

YTB ini diresmikan pada 6 April 2010, dengan tujuan untuk mengkoordinatori urusan bagian warga negara Turki yang di luar negeri. Biasanya tentang pemilu Turki di luar negeri, masalah pendidikan warga negara Turki di luar negeri dan lainnya.
Kemudian akhirnya untuk pertama kalinya pada tahun 2012, Lembaga ini berwewenang untuk memegang urusan beasiswa pemerintah Turki, yang sebelumnya dipegang oleh Kementrian Pendidikan. Maka dari itu, urusan beasiswa Turki untuk orang asing diselenggarakan oleh lembaga ini.

Kenapa YTB? YTB merupakan full Scholarship. Mulai dari living cost, asuransi, biaya kuliah, asrama. Dan juga secara administrasi pendaftaran YTB termasuk mudah. Kalo terkait kenapa Turki. Saya kira temen semua dah pada tau lah. Dan mungkin akan saya jelaskan kembali bila ada yang bertanya apa motivasi saya kenapa milih Turki. Karena saya yakin masing2 punya motovasi nya sendiri.

Persyaratan dokumen kurang lebih sama dengan lainnya. Tapi di YTB persyaratan seperti TOEFL dll, GRE dll tidak menjadi syarat mutlak pendaftaran melainkan sesuai kebutuhan dari kampus dan jurusan yang akan temen2 tuju. Jadi nanti dibaca syarat apa aja yang diperlukan oleh kampus yang temen tuju, apakah perlu TOEFL dll.
Informasi bisa di liat di website: https://turkiyeburslari.gov.tr/

Cara mendaftar simpel. Nanti juga akan saya kasih beberapa materi khusus para peserta disini beberapa contoh surat rekomendasi saya dan juga summary aplikasi dan step cara mendaftar di website nya. Tentunya buat akun, ikuti semua prosedur. Persiapkan scan dokumen, Letter of Intent / proposal penelitian bagi S2 S3, dan surat rekomendasi.
Pastikan semua dokumen pendidikan sebisa mungkin di translate dalam bahasa inggris (CV, Ijazah, transkip nilai) sedangkan sertif2 kegiatan tak perlu di transkip karena temen2 akan menjelaskan kegiatan tersebut dalam sebuah kolom di website nya setelah upload sertifikat tersebut.

Yang perlu dicermati dalam pendaftaran. Pastikan semua sesuai yang diminta, pastikan rekomendasi benar2 menunjukkan kemampuan dan kenapa kalian cocok sebagai kandidat penerima beasiswa, dan pastikan LoI (Letter of Intent) sesuai dengan bidang keilmuan dan berdampak positif bagi semua baik Indonesia maupun turki.
Sistem perkuliahan disini sama dengan di Indonesia. Tapi karena ada kursus bahasa Turki maka akan menambah masa studi temen selama setahun. Jangan ngeluh kenapa harus ada kursus ini, karena ini sangat penting bagi kehidupan harian dan kuliah temen semua.

LOA kampus butuh ngga?? Ngga sama sekali. Tapi apabila temen2 punya kenalan dosen yang mengajar di universitas turki temen2 bisa minta beliau untuk menulis rekomendasi buat kalian, tapi tetep gak ada jaminan akan lulus. Setidaknya ada nilai lebih. Karena temen2 disini akan memilih 10 univ dan jurusannya lalu YTB akan menentukan kalian akan kuliah dimana bila lulus nanti.

Well, begitu sekilas informasinya. Semoga bermanfaat ya. Tetap semangat wahai scholarship hunters!!! 

Jangan lupa ikuti informasi beasiswa lainnya di instagram kami @scholarship4us

 

Don't forget to share :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *