Office : Salatiga, Indonesia
+62813-1720-8424
info@scholarship4us.com

Jardine Scholarship: Beasiswa S1 di Oxford University dan Cambridge University, Inggris │Fully Funded

Jardine Scholarship: Beasiswa S1 di Oxford University dan Cambridge University, Inggris │Fully Funded

Mau nanya kalian nih? Ada yang pengen kuliah di salah satu dari TOP 10 University di seluruh dunia? Tenang aja, scholarship4us kali ini punya informasi beasiswa lagi untuk kalian yang bermimpi kuliah S1 di oxford university dan Cambridge university, lho. Penasaran tentang beasiswanya. Yuk dibaca artikelnya hingga selesai, ya!

Pertama, kalian perlu kenalan dulu nih dengan Jardine Scholarship. So, Jardine Scholarship adalah salah satu dari ribuan beasiswa untuk berkuliah program gelar Sarjana (S1) di Oxford University dan Cambridge University. Program beasiswa ini didanai oleh Jardine Foundation (Jardine Matheson Group) untuk siswa internasional yang berasal dari beberapa negara-negara di Asia. Jardine Foundation merupakan lembaga pemberi beasiswa yang dibentuk tahun 1982 oleh perusahaan perdagangan terkemuka di China, Jardine Matheson Group. Hingga kini lebih dari 370 pelajar telah mendapatkan Jardine Scholarship. Para penerima beasiswa berasal dari negara-negara tempat Jardine Matheson Group beroperasi, termasuk Kamboja, China, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Adapun cakupan dari Jardine Scholarship meliputi:

  1. Biaya penuh perkuliahan (university tuition fees dan college fees).
  2. Biaya buku-buku dan perlengkapan selama perkuliahan.
  3. Tunjangan tahunan, sudah mencakup biaya tempat tinggal, makanan, dan biaya insidentil lainnya. Tunjangan ini dibayarkan empat kali dalam setahun. 
  4. Biaya UK Immigration Health Surcharge (dibutuhkan saat pengajuan visa).
  5. Tiket pesawat PP kelas ekonomi Indonesia – UK pada awal dan akhir masa beasiswa (reimbursed).
  6. Regular Gatherings dan Summer Internships.

FYI, seorang pelamar akan lebih diprioritaskan jika mendaftar ke college di bawah ini:

1. University of Oxford:

  • Exeter College
  • Oriel College
  • The Queen’s College
  • Trinity College

2. University of Cambridge:

  1. Downing College
  2. Magdalene College
  3. Peterhouse
  4. Trinity College

Apa saja sih persyaratan yang harus dipenuhi? Berikut detailnya:

  1. Pelajar kelas 12 atau lulusan SMA/SMK/Sederajat. Pastikan telah mendapatkan Sertifikat Ujian A-Level atau Sertifikat International Baccalaureate (IB).
  2. Bukan merupakan lulusan S1.
  3. Merupakan warganegara dari salah satu negara tempat beroperasinya Jardine Matheson Group (Kamboja, China, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapore, Taiwan, Thailand, dan Vietnam). Aplikasi tidak akan diterima dari pelamar jika orang tuanya tidak tinggal di negara atau wilayah yang relevan selama setidaknya tujuh tahun sebelum tanggal yang diusulkan untuk masuk ke Universitas.
  4. Sehat jasmani dan rohani.
  5. Apabila pelamar sudah pernah menempuh pendidikan S1 dan lulus sebelumnya, maka tidak dapat mendaftar beasiswa ini.
  6. Pelamar yang telah mendapatkan beasiswa dari pihak lainnya tidak dapat mendaftar.
  7. Memenuhi persyaratan akademik untuk mendaftar pada salah satu College pilihan Beasiswa Jardine, termasuk: Di Oxford University (Exeter, Oriel, The Queen’s dan Trinity), serta di Cambridge University (Downing, Magdalene, Peterhouse dan Trinity).
  8. Memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris, dengan ketentuan berikut:
  • Cambridge University : IELTS 7.5 / TOEFL IBT 110
  • Oxford University: IELTS 7.0 / TOEFL IBT 100 / CAE 185 / CPE 185

Nah, selain persyaratan di atas, kalian juga harus melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, terdiri atas:

  1. Satu personal statement.
  2. Satu foto ukuran paspor terbaru.
  3. Salinan formulir pendaftaran UCAS yang telah dilengkapi.
  4. Salinan Ijazah yang setara dengan SMA di UK, yaitu A-level atau International Baccalaureate (IB).
  5. Salinan resmi transkrip GCSE, A/AS Level dan IB, atau kualifikasi setara yang tunduk pada sistem ujian negara atau wilayah yang relevan jika tersedia. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada, sertifikat HKDSE, sertifikat SPM atau STPM, dan sertifikat SKHU.
  6. Surat rekomendasi yang ditandatangani oleh kepala sekolah, yang berisi:
  • Pencapaian dan/atau prediksi hasil akademik pelamar;
  • Keterangan yang akan membantu Komite Beasiswa dalam penilaiannya; dan
  • Informasi lain yang relevan untuk aplikasi.

Jika testimoni disampaikan langsung dari sekolah menengah, email akan dikirim ke kepala sekolah/wasit untuk meminta surat referensi dan, informasi tentang kualifikasi yang tertunda atau nilai yang diprediksi. Pelamar diminta untuk memberikan nama dan rincian kontak kepala sekolah / wasit mereka pada formulir aplikasi. 

Oh ya, perlu diketahui bahwa seluruh berkas dokumen di atas harus menggunakan bahasa Inggris. Jadi, jika dokumen kalian masih berbahasa Indonesia, maka wajib di terjemahkan ke dalam bahsa Inggris terlebih dahulu, ya.  

Terus, gimana sih cara daftarnya? Sebelum mendaftar Beasiswa Jardine, pastikan sudah mendaftar UCAS  seperti yang telah disebutkan di atas. Selanjutnya peserta dapat mengisi Formulir Pendaftaran Jardine Scholarship secara online. Terakhir, jangan lupa untuk mengirimkan dokumen-dokumen yang diminta, ya.

Nah, selain prestasi akademik dari pelamar, penilaian kandidat penerima beasiswa juga didasari pada kualitas dan karakter pribadi, prestasi di kegiatan  ekstrakurikuler, keterlibatan di masyarakat, serta indikator lain yang dianggap memiliki komitmen tinggi dalam hal pengabdian.

Siapa sih yang tidak ingin kuliah gratis di universitas top dunia dengan pendidikan dan fasilitas yang snagat berkualitas? So, yuk buruan daftar karena batas pendaftarannya adalah sampai tanggal 22 OKTOBER 2021 (jam 8 malam waktu Hongkong).

Untuk infomrasi lebih detail tentang Jardine Scholarship, silakan kunjungi website resminya melalui tautan berikut (kunjungi di sini). Pastikan juga kalian telah membaca FAQs tentang Jardine Scholarship. Selamat berjuang dan semoga informasinya bermanfaat!

 

Ingin tahu informasi-informasi tentang beasiswa luar negeri? Kalau iya, kalian jangan lupa follow akun sosial media kami untuk mendapatkan update informasi beasiswa, ya.

Instagram: @scholarship4us

FB: Beasiswa Untuk Kita

YouTube: Beasiswa Untuk Kita

Beasiswa Untuk Kita

Dari Kita Untuk Indonesia 

Don't forget to share :)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *