Office : Salatiga, Indonesia
+62813-1720-8424
info@scholarship4us.com

INPEX Scholarships: Beasiswa Penuh Kuliah S2 di Jepang │ 2021-2022

INPEX Scholarships: Beasiswa Penuh Kuliah S2 di Jepang │ 2021-2022

          G’day scholarship hunters! Kalian ada yang ingin melanjutkan kuliah ke Jepang? Scholarship4us punya informasi beasiswa menarik loh. Yuk disimak!

          Tawaran beasiswa kali ini datang dari INPEX Scholarship Foundation sebagai organisasi nirlaba di Jepang yang didirikan pada tanggal 26 Maret 1981. Tahun ini, INPEX Scholarship Foundation kembali menawarkan beasiswa kepada pelajar Indonesia yang ingin mengejar gelar master di universitas di Jepang dan pelajar Jepang yang ingin belajar di universitas di Indonesia.

          INPEX Scholarship akan diberikan kepada 3 penerima selama 3 tahun 2 bulan. Adapun cakupan dari INPEX Scholarship melipui:

  1. Bebas biaya kuliah (biaya ujian masuk, biaya masuk, biaya kuliah, dll).
  2. Tunjang biaya hidup sebesar 160,000 Yen (termasuk biaya penginapan, biaya pengobatan, biaya transportasi, biaya akses internet, buku, dll).
  3. Tiket pesawat (kelas ekonomi, Jakarta-Tokyo) pada saat datang dan meninggalkan Jepang (biaya paspor dan visa ditanggung oleh siswa). 
  4. Commuter pass saat di Jepang.
  5. Tunjangan kedatangan sebesar 60.000 Yen.
  6. Asuransi kecelakaan selama kuliah di Jepang. Jumlah polis adalah Yen 25.000.000 untuk kematian akibat cedera dan cacat sisa.

Apa saja sih persyaratan yang harus dipenuhi? Berikut detailnya: 

  1. Memiliki kewarganegaraan Indonesia.
  2. Berusia maksimal 30 tahun ketika mengajukan aplikasi.
  3. Memiliki gelar Sarjana (S1) dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (seperti Teknik, Pertanian, Fisika, Biologi, Kimia, Farmasi, Ilmu Komputer, dll) dari universitas ternama di Indonesia dengan pendidikan sekolah minimal 16 tahun, atau yang setara latar belakang akademis.
  4. Memiliki tujuan untuk mempelajari dan meneliti suatu program studi Ilmu Pengetahuan Alam pada program magister universitas di Jepang, dan diizinkan atau diharapkan diizinkan masuk universitas tersebut.
  5. Memiliki nilai prestasi akademik yang sangat baik. (IPK kumulatif: lebih dari 3,25) 
  6. Sejat jasmani dan rohani.
  7. Telah diizinkan untuk mendapatkan beasiswa INPEX oleh lembaga, universitas, atau perusahaan asal pelamar.
  8. Memiliki kepentingan dalam hubungan persahabatan antara Indonesia dan Jepang serta bersedia untuk berkontribusi dalam memajukan hubungan tersebut.
  9. Belum mendapatkan beasiswa serupa di Jepang atau di negara maju lainnya.

          Nah, selain persyaratan umum di atas, kalian juga harus melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, terdiri atas:

  1. Mencetak formulir yang telah diisi beserta dengan tanda tangan di halaman terakhir.
  2. 2 lembar pasfoto terbaru (format harus jpg, pdf, atau gif) ukuran 5 cm x 3.5 cm. Selembar ditempelkan di formulir aplikasi, dan yang lain cukup dituliskan nama di belakangnya.
  3. Transkrip catatan akademik yang dikeluarkan oleh universitas asal pelamar.
  4. Surat Rekomendasi (LoR) untuk INPEX Scholarship Foundation dari presiden atau dosen pembimbing dari universitas yang asal pelamar, dan/atau dari pemberi kerja saat ini (jika saat ini bekerja).
  5. Sertifikat Kelulusan oleh universitas asal pelamar.
  6. Surat Penerimaan (LoA) untuk INPEX Scholarship Foundation dari profesor penasihat di universitas Jepang yang ingin dimasuki pelamar.
  7. Riwayat Pribadi dan Data Pribadi (Curriculum Vitae).
  8. Surat Keterangan Sehat yang dibuat oleh dokter (Sertifikat dalam bahasa Indonesia dapat diterima).
  9. Sertifikat TOEFL iBT / TOFEL ITP / IELTS.
  10. Sertifikat kemahiran bahasa Jepang (jika ada).

          Oh ya, jangan lupa untuk mengirim dokumen-dokumen di atas melalui Email dan dikirim ke kantor INPEX Scholarship Foundation lengkap dengan cap pos pengiriman. Perlu diperhatikan bahwa semua dokumen yang diterima dengan formulir aplikasi tidak akan dikembalikan kepada pemohon. Jadi, sebelum mengirim, pastikan dulu semua dokumen kalian ya scholarshiphunters!

Terus, gimana sih cara daftarnya? Berikut ini penjelasannya:

  1. Pelamar harus mengundur formulir aplikasi dan mengisinya dengan lengkap (unduh formulir)
  2. Melengkapi seluruh dokumen yang dibutuhkan.
  3. Mengirim formulir yang telah diisi beserta pasfoto terbaru ukuran 5 cm x 3.5 cm (format jpg, pdf, atau gif) ke alamat email isf-foundation@inpex.co.jp
  4. Mengirim dokumen lain yang disyaratkan (melalui pos tercatat) dengan keterangan “APPLICATION FOR SCHOLARSHIPS” pada amplopnya. Berikut alamat lengkapnya:

INPEX Masela, Ltd. Jakarta Office Sentral Senayan 1 Building 18th Floor, Jl. Asia Afrika No. 8, Jakarta Pusat 10270, Indonesia

          FYI, INPEX Scholarship Foundation akan menyeleksi pelamar yang memenuhi syarat dengan memeriksa formulir aplikasi, catatan masa lalu sekolah, rencana penelitian, Surat Rekomendasi, Surat Penerimaan, nilai tes kecakapan bahasa Inggris dan dokumen lainnya.

          Siapa sih yang tidak ingin kuliah gratis di universitas top di Jepang? So, yuk buruan daftar karena batas pendaftarannya adalah sampai tanggal 31 OKTOBER 2021.  

          Untuk infomrasi lebih detail tentang INPEX Scholarship, silakan kunjungi website resminya melalui tautan berikut (kunjungi di sini). Pastikan juga kalian telah membaca guideline book beserta timeline seleksinya di sini. Selamat berjuang dan semoga informasinya bermanfaat!

 

          Ingin tahu informasi-informasi tentang beasiswa luar negeri? Kalau iya, kalian jangan lupa follow akun sosial media kami untuk mendapatkan update informasi beasiswa, ya.

Instagram: @scholarship4us

FB: Beasiswa Untuk Kita

YouTube: Beasiswa Untuk Kita

 

Beasiswa Untuk Kita

Dari Kita Untuk Indonesia 

Don't forget to share :)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *