Office : Salatiga, Indonesia
+62813-1720-8424
info@scholarship4us.com

INI DIA JENIS-JENIS BEASISWA YANG WAJIB DIKETAHUI OLEH SCHOLARSHIP HUNTERS!

INI DIA JENIS-JENIS BEASISWA YANG WAJIB DIKETAHUI OLEH SCHOLARSHIP HUNTERS!

G’day scholarship hunters! Balik lagi di website scholarship4us nih. Anyway, kali ini scholarship4us ingin share informasi tentang jenis-jenis beasiswa. Wajib banget nih bagi kalian yang sedang bingung mencari beasiswa mana yang cocok. Yuk, baca artikelnya hingga selesai ya!

Banyak orang bercita-cita untuk mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan bantuan beasiswa. Apa itu beasiswa? Menurut KBBI, beasiswa adalah tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar. Beasiswa menjadi salah satu cara untuk bisa melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi dengan biaya lebih ringan atau bahkan bebas biaya sama sekali. Mendapatkan beasiswa merupakan suatu kesempatan yang sangat berharga, di samping memperoleh banyak manfaat dan keunggulan. Tapi, tahukah kalian bahwa beasiswa itu ada banyak macamnya? Bagi kalian yang sedang memburu beasiswa, sebaiknya kalian pahami terlebih dahulu jenis beasiswa yang ditawarkan sebelum mulai mendaftar. Mengetahui jenis-jenis beasiswa akan sangat berguna bagi kalian untuk memilih beasiswa mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kalian.Lantas, apa saja jenis-jenis beasiswa itu? Berikut ini scholarship4us sudah merangkumnya untuk kalian!

 

A. Beasiswa berdasarkan Sumbernya

  • Beasiswa Pemerintah (Public or Government Scholarship)

Sesuai dengan namanya, jenis beasiswa ini berasal dari pemerintah suatu negara. Beasiswa ini ditawarkan untuk warga negara dari wilayah tersebut atau diyawarkan untuk siswa internasional yang ingin menempuh pendidikan di wilayah tersebut. Misalnya, beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan Indonesia yang menawarkan beasiswa untuk pelajar Indonesia agar bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri maupun dalam negeri. Contoh lain adalah beasiswa Bappenas, beasiswa LIPI, Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), dan masih banyak lagi.

  • Beasiswa Swasta (Privat Scholarship)

Beasiswa swasta merupakan jenis beasiswa yang sumber dananya berasal dari pihak swasta atau korporat sebagai bagian program Corporate Social Responsibility (CSR). Biasanya beasiswa yang diberikan menyesuaikan dengan bidang studi yang berkaitan dengan industri perusahaan itu sendiri. Contoh beasiswa jenis ini adalah Beasiswa Djarum Plus, Beasiswa Sampoerna Foundation, dan Beasiswa Tanoto Foundation sebagai salah satu beasiswa yang terkenal di kalangan pelajar Indonesia. 

  • Beasiswa Donor Internasional

Beasiswa ini ada sebagai salah satu bentuk kerjasama antara negara maju dan berkembang dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial. Biasanya jenis beasiswa ini dikelola lembaga khusus, sebagai contoh yaitu Beasiswa Fullbright dari pemerintah Amerika Serikat yang dikelola oleh AMINEF, Beasiswa Chevening dari pemerintah Inggris yang dikelola oleh British Council, Beasiswa Australia Awards dari Pemerintah Australia, Beasiswa Nuffic Neso (NEC) dari pemerintah Belanda, Monbukagakusho dari pemerintah Jepang, beasiswa KGSP dari pemerintah Korea Selatan, dan sebagainya.. Tujuan lain dari beasiswa jenis ini adalah untuk memperbanyak pusat-pusat penelitian di negara berkembang.

  • Beasiswa Yayasan

Beasiswa yayasan adalah beasiswa yang dananya berasal dari yayasan, komunitas, atau organisasi yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan. Biasanya, beasiswa tujuan pemberian beasiswa ini sejalan dengan visi dan misi dari yayasan, komunitas,  atau organisasi tersebut. Contohnya: Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie yang merupakan komitmen Ibu Ainun untuk membiayai anak-anak Indonesia berprestasi tetapi terkendala secara finansial untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi lagi.

  • Beasiswa Perguruan Tinggi/Universitas (University Scholarship)

Seperti namanya, beasiswa ini diberikan oleh perguruan tinggi atau universitas kepada mahasiswanya yang berprestasi. Selain ditujukan ke[ada masiswa di universitas terkait, beasiswa juga ditujukan bagi mahasiswa di luar universitas, bahkan di luar negeri. Bentuk beasiswanya bermacam-macam, seperti beasiswa bidang studi akademik, beasiswa olahraga, hingga program pertukaran pelajar. Biasanya, jika mendapatkan beasiswa jenis ini, kalian wajib untuk mempertahankan prestasi akademik maupun non-akademis. Jika tidak, status beasiswa kamu akan dicabut.

 

B. Beasiswa berdasarkan Bentuk Pembiayaan

  • Beasiswa Penghargaan 

Beasiswa penghargaan adalah jenis beasiswa yang diberikan karena prestasi dalam bidang akademik dan berkomitmen untuk mempertahankan prestasi tersebut. Hal ini dibuktikan dengan IPK atau prestasi-prestasi akademik lainnya. Tidak hanya untuk pencapaian akademik, pelamar yang aktif dalam berbagai kegiatan non-akademik juga menjadi salah satu syarat pertimbangan untuk bisa mendapatkan beasiswa ini. 

  • Beasiswa Bantuan

Jenis beasiswa ini biasanya diberikan kepada pelajar yang berprestasi, namun kurang mampu secara finansial. Kemampuan finansial dinilai berdasarkan pendapatan orangtua, jumlah saudara kandung, biaya hidup, serta lingkungan tempat tinggal. Contoh beasiswwa bantuan adalah Beasiswa Bidikmisi.

  • Beasiswa Penelitian

Biasanya beasiswa ini menawarkan bantuan dana kepada pelamar untuk melakukan penelitian atau riset dalam bidang tertentu. Sumber beasiswa ini bisa berasal dari universitas, perusahaan, atau lembaga pemerintahan yang memiliki proyek penelitian. Jumlah dana dan periode beasiswa yang ditawarkan tergantung pada banyaknya biaya yang dibutuhkan serta lamanya riset atau penelitian tersebut dilakukan.

  • Beasiswa Non-akademik

Beasiswa non-akademik adalah jenis beasiswa yang menawarkan dukungan finansial bagi pelajar berprestasi untuk jalur non-akademik, misalnya prestasi di bidang olahraga dan kesenian. 

  • Beasiswa Ikatan Dinas

Beasiswa ini diberikan dalam rangka ikatan kerja atau ikatan dinas. Biasanya, penerima beasiswa harus mengabdi untuk jangka waktu tertentu kepada negara atau lembaga penyedia beasiwa setelah penerima lulus dari program yang didanai. Dengan kata lain, beasiswa ini mensyaratkan penerima untuk “mengikat diri” kepada pihak sponsor sebagai hubungan timbal balik. Contoh beasiswa ikatan dinas: Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN (Departemen Dalam negeri), serta Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial atau STKS (Departemen Sosial)

 

C. Beasiswa berdasarkan cakupan dana

  • Beasiswa Penuh (Full Scholarship)

Beasiswa jenis ini akan memberikan dukungan finansial untuk segala kebutuhan terkait studi (full tuition fee). Tidak hanya meng-cover biaya pendidikan, beasiswa inijuga menyediakan pendanaan untuk kebutuhan pendukung lain yang digunakan penerima selama masa studi berlangsung, seperti biaya hidup, biaya perjalanan (tiket PP), akomodasi dan transportasi, asuransi, hingga sarana dan prasarana pendukung belajar (seperti buku0buku atau jurnal). Bahkan, ada beasiswa penuh yang menawarkan dana untuk biaya hidup keluarga penerima beasiswa (jika penerima telah memiliki keluarga). Contoh beasiswa yang memberikan beasiswa penuh antara lain Australian Development Scholarship (ADS), Chevening Scholarship, Ford Foundation Scholarship, Beasiswa LPDP, dan sebagainya.

  • Beasiswa Sebagian (Partial Scholarship)

Berbeda dengan beasiswa penuh, beasiswa sebagian adalah jenis beasiswa yang hanya mendanai sebagian dari biaya studi, misalnya hanya 50% dari biaya keseluruhan pendidikan. Perlu diingat bahwa beasiswa sebagain yang diberikan bisa dalam bentuk biaya kuliah saja atau akomodasi saja atau berbentuk short course saja. Maka dari itu, sisa biaya yang tidak didanai akan menjadi tanggungan dari penerima beasiswa. Meski hanya menanggung sebagian, tapi setidaknya meringankan biaya kuliahmu. Nah, jika kalian memutuskan untuk mendaftar beasiswa ini, penting bagi kalian untuk memperhatikan peraturan-peraturan yang berlaku, seperti apakah diperbolehkan untuk mencari sumber sponsorship lain untuk menutup sisa biaya, dan sebagainya.

Nah, itulah jenis-jenis beasiswa yang sangat bermanfaat untuk karier kalian, scholarship hunters!.  Jadi, siapkah berburu beasiswa? Kira-kira kalian tertarik mencoba beasiswa yang mana nih? Tidak perlu buru-buru memutuskan, kalian memang harus research terlebih dahulu tentang jenis beasiswa beserta manfaat dan keunggulannya. So, semoga artikel ini bermanfaat ya! 

Jangan lupa follow akun sosial media kami untuk mendapatkan update tentang informasi beasiswa, ya. 

Instagram: @scholarship4us

FB: Beasiswa Untuk Kita

YouTube: Beasiswa Untuk Kita

 

Beasiswa Untuk Kita

Dari Kita Untuk Indonesia 

Don't forget to share :)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *