Cari Tau Tentang Jepang! Nagoya University Nih

Hello scholarship hunters! Jalan-jalan ke Jepang seru nih? Alangkah baiknya sebelum ke Jepang beneran cari tau dulu apa yang ada di Jepang. Salah satu negara pada benua Asia ini diketahui memiliki sistem pendidikan yang bagus sehingga menjadi rujukan banyak negara terutama dari segi teknologi, sumber daya, kedisiplinan, hingga norma yang diajarkan. Negara yang terkenal akan animenya ini juga terkenal akan biaya hidup yang mahal. Meski demikian, Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi incaran untuk menuntut ilmu.

Bagusnya sistem pendidikan di Jepang menjadi salah satu alasan negara ini menjadi incaran untuk menuntut ilmu. Pada kesempatan kali ini, scholarship4us akan memberikan informasi mengenai salah satu universitas di Jepang yang bisa dikatakan sebagai salah satu universitas terbaik di Jepang. Selain itu, kami akan membagikan informasi beasiswa yang kerap kali pada universitas ini. Berikut informasi mengenai universitas Nagoya. 

Nagoya University

Nagoya University atau Universitas Nagoya merupakan universitas negeri yang berpusat di Chikusa-ku, Nagoya, yang menjadi salah satu universitas terbaik di Jepang. Berdiri sejak 1871, Universitas Nagoya dulunya merupakan sebuah sekolah medis yang berubah menjadi Nagoya Imperial University pada tahun 1939. Penyebutan Nagoya University berawal sejak 1947 dan kemudian pada tahun 2003 berubah menjadi National University Corporation. 

Universitas Nagoya banyak menerima mahasiswa asing terutama dari Amerika Serikat, Cina, Korea, dan Indonesia. Universitas ini menjadi universitas ketiga yang memiliki mahasiswa asing terbanyak di antara semua universitas yang ada di Jepang. Lulusan Nagoya University merupakan orang-orang seperti Dr. Ryoji Noyori, yang merupakan salah satu penerima Nobel pada tahun 2001 adalah peneliti dan pengajar di universitas ini. Kemudian Reiji Okazaki, penemu fragmen Okazaki, yang merupakan lulusan dan profesor universitas ini serta Yoshinori Okazaki, penemu obat kanker, oxaliplatin.

Ada beberapa Fakultas di Universitas Nagoya yang bisa menjadi pilihan mahasiswa asing untuk berkuliah di Universitas Nagoya. Fakultas tersebut  yaitu sastra, pendidikan, hukum, ekonomi, informatika, sains, kesehatan, teknik, dan ilmu pertanian. Ujian masuk mahasiswa asing biasanya ada seleksi khusus untuk mahasiswa asing. 

Beasiswa di Universitas Nagoya

1. Japanese Government (Monbukagakusho) Scholarship

MEXT Scholarship atau Monbukagakusho merupakan salah satu beasiswa di Universitas Nagoya yang tersedia untuk pelajar Indonesia. Beasiswa ini tersedia untuk jenjang sarjana atau S-1 di Jepang atau yang memasuki tahun ke-4 di bidang kesehatan di jenjang sarjana bisa mendaftar untuk ini. Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini salah satunya yaitu mencantumkan hasil belajar (IPK) yang nantinya akan dihitung berdasarkan metode Monbukagakusho. Kemudian untuk kuota beasiswa ini cukup terbatas dan biasanya pendaftaran beasiswa ini mulai buka setiap bulan September dan pada bulan April sudah bisa mendaptkan beasiswanya. 

2. ADB-JSP Beasiswa Nagoya University

ADB-JSP Beasiswa Nagoya University merupakan program dari Asian Development Bank dengan tujuan studi Ekonomi, Bisnis, Manajemen, Saintek dan beberapa bidang lain yang berhubungan dengan pembangunan. Beasiswa ini untuk mahasiswa jenjang S-2 atau master dengan bantuan biaya kuliah, biaya buku, asuransi, tunjangan bulanan sebesar 147.000 YEN per bulan, biaya transportasi pesawat ekonomi, dan perpanjangan beasiswa  berdasarkan pencapaian akademik.

3. Beasiswa Nagoya University Gakushu Shoreihi

Gakushu Shoreihi merupakan salah satu beasiswa Nagoya University yang diberikan oleh JASSO (The Japan Student Service Organization). Beasiswa ini  untuk mahasiswa sarjana yang bersekolah di universitas Jepang dan memiliki prestasi yang cemerlang dengan kesulitan ekonomi. Syarat untuk mengikuti  beasiswa ini yaitu harus mengumpulkan hasil IPK dan akan dihitung berdasarkan perhitungan JASSO. Bagi kandidat yang sesuai dengan kriteria akan mendapat manfaat beasiswa sebesar 48.000 YEN setiap bulan dengan 1 tahun periode beasiswa. 

 

Cukup memberikan informasi baru kan mengenai universitas di Jepang khususnya Universitas Nagoya. Tidak hanya mengenai Nagoya University tapi juga tentang beasiswa yang kerap kali ada di universitas tersebut. Tentunya masih banyak universitas yang bagus di negara dengan julukan matahari terbit ini yang bisa hunters ketahui. Bagi hunters yang berminat kuliah di Jepang, persiapkan baik-baik dari sekarang. Wait for another article from us, see you….

 

Instagram: @scholarship4us

Facebook: Beasiswa Untuk Kita

Youtube: Beasiswa Untuk Kita

Tiktok: @scholarship4us

 

Beasiswa Untuk Kita,

Dari Kita Untuk Indonesia.

Tinggalkan Balasan