Eiffel Excellence Scholarship Program: Beasiswa Penuh Kuliah S2 & S3 di Prancis │ 2022

G’day scholarship hunter! Scholarship4us kembali lagi untuk memberikan update informasi beasiswa untuk kalian nih. Penasaran beasiswa apa? Cek artikel di bawah ya!

Pernahkah kalian bermimpi belajar gratis di universitas internasional di Eropa? Eiffel Excellence Scholarship Program di Prancis telah hadir untuk mengubah impian kalian menjadi kenyataan. Eiffel Excellence Scholarship Program sendiri didirikan oleh Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis. Beasiswa dari Pemerintah Prancis ini adalah kesempatan emas bagi siswa internasional yang berprestasi untuk mengejar gelar Master dan PhD di institusi pendidikan tinggi Prancis. Program beasiswa yang didanai penuh ini bermaksud untuk mempromosikan pendidikan tinggi Prancis serta menyatukan orang-orang dengan pengalaman sosial, budaya, politik, dan ekonomi yang beragam di seluruh dunia.

Program Studi yang Ditawarkan

Ada beberapa program, yang ditawarkan oleh Campus France, yaitu:

  1. Sains dan Teknik
  2. Transisi Ekologis
  3. Biologi dan Kesehatan
  4. Sains dan Teknik
  5. Matematika dan Digital
  6. Ilmu Manusia dan Sosial
  7. Sejarah, Peradaban, dan Bahasa Prancis.
  8. Hukum dan Ilmu Politik
  9. Ekonomi dan Manajemen

Durasi Beasiswa

Eiffel Excellence Scholarship Program akan diberikan selama minimal 12 bulan hingga maksimal 36 bulan tergantung tingkat program study yang dipilih.

  1. Komponen master menawarkan 12 hingga 36 bulan pendanaan untuk memungkinkan pemegang beasiswa mendapatkan gelar tingkat master.
  2. Komponen doktoral mendukung hingga 12 bulan penelitian doktoral di Prancis sebagai bagian dari program doktor bersama.

Cakupan Beasiswa

Adapun manfaat dari Eiffel Excellence Scholarship Program meliputi:

  1. Tunjangan bulanan sebesar €1.181 (tunjangan pemeliharaan €1.031 ditambah tunjangan €150) untuk program Master. Sedangkan untuk program Doktoral akan mendapat tunjangan bulanan sebesar € 1,700.
  2. Fasilitas perjalanan udara internasional dari negara asal ke kampus.
  3. Tiket kereta api di Prancis dua kali. Salah satunya adalah ke lokasi studi pertama mereka dan yang lainnya ke lokasi studi terakhir.
  4. Tunjangan hingga €50 untuk transportasi lokal.
  5. Asuransi kesehatan jika berasal dari luar Wilayah Ekonomi Eropa. Asuransi kesehatan tambahan juga diberikan kepada semua kandidat jika mendaftarkan diri dalam waktu 2 bulan setelah kedatangan ke Prancis.
  6. Kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan budaya.

Kriteria Kelayakan

Untuk mendaftar program beasiswa ini, pelamar harus memenuhi persyaratan berikut.

  1. Kebangsaan: Program Eiffel disediakan untuk warga negara non-Prancis.
  2. Usia: Kandidat untuk komponen master harus berusia 25 tahun ke bawah pada saat kompetisi 2022. Kandidat untuk komponen doktor harus berusia 30 tahun ke bawah pada saat kompetisi 2022.
  3. Sumber aplikasi: Hanya aplikasi yang diajukan oleh lembaga pendidikan Prancis yang akan diterima.
  4. Tingkat akademik ditargetkan: Beasiswa Program Eiffel ditujukan bagi siswa yang ingin mendaftar di program tingkat master di Prancis (termasuk di sekolah teknik) dan untuk kandidat doktor.
  5. Konflik beasiswa: Pelamar yang telah menerima beasiswa pemerintah Prancis lainnya tidak akan diterima, meskipun beasiswa lainnya hanya mencakup asuransi kesehatan.
  6. Kemampuan bahasa: Saat memilih kandidat yang tidak berbahasa Prancis, institusi harus memastikan bahwa kemampuan bahasa kandidat memenuhi persyaratan program akademik.
  7. Lokasi geografis. Tingkat master: Kandidat yang sudah belajar di Prancis tidak memenuhi syarat. Tingkat Doktoral: Siswa yang terdaftar dalam program akademik di luar negeri memiliki prioritas di atas siswa yang sudah berada di Prancis.

Persyaratan Dokumen

Sementara itu, berikut ini dokumen-dokumen persyaratan yang harus dilengkapi.

  1. Lengkapi formulir aplikasi, bersama dengan dokumen lainnya.
  2. Surat motivasi.
  3. Daftar Riwayat Hidup.
  4. Transkrip Resmi Sebelumnya.
  5. Transkrip Resmi.
  6. Fotokopi paspor.

Proses Aplikasi

Bagaimana cara mendaftar Eiffel Excellence Scholarship Program? Perlu diperhatikan bahwa pengajuan aplikasi Eiffel Excellence Scholarship Program tidak diajukan langsung oleh pelamar. Pengajuan harus oleh universitas atau perguruan tinggi Perancis yang dilamar. Jadi, pelamar harus mendaftar terlebih dahulu ke salah satu universitas di Perancis sesuai dengan bidang studi di atas. Setelah diterima, mintalah agar bisa diusulkan sebagai penerima beasiswa. Berikut ini alur pengajuan aplikasi pelamar oleh institute.

  1. Institusi pendidikan tinggi Prancis akan memilih kandidat untuk beasiswa Eiffel dari antara pelamar asing terbaik untuk program akademik mereka. Setiap institusi dapat menominasikan maksimal 40 kandidat per bidang studi untuk beasiswa master.
  2. Institusi harus melengkapi dan menyerahkan aplikasi online, menggunakan formulir yang sesuai untuk setiap tingkat studi.
  3. Institusi harus mengirimkan ke Campus France daftar aplikasi yang sebelumnya mereka ajukan secara online sebelum deadline. Dokumen digital ini harus dibubuhi stempel lembaga dan tanda tangan pimpinan lembaga (rektor atau direktur universitas), atau wakilnya. Dokumen digital akan dikirim melalui email ke eiffel@campusfrance.org.

FYI, seleksi akan didasarkan pada prestasi, yang mencakup catatan akademis sebelumnya dan topik penelitian.

Bagaimana scholarship hunter? Apakah kalian tertarik untuk mendaftar? Yuk buruan daftar karena pendaftaran akan ditutup pada tanggal 7 JANUARI 2022. Pastikan kalian tidak terlambat ya. Oh ya, untuk informasi lebih detail tentang Eiffel Excellence Scholarship Program, silakan kunjungi website resminya (kunjungi di sini) dan juga jangan lupa baca dengan teliti guideline-nya di sini.

Ingin tahu informasi-informasi tentang beasiswa luar negeri? Kalau iya, kalian jangan lupa follow akun sosial media kami untuk mendapatkan update informasi beasiswa, ya.

Instagram: @scholarship4us

FB: Beasiswa Untuk Kita

YouTube: Beasiswa Untuk Kita

 

Beasiswa Untuk Kita

Dari Kita Untuk Indonesia

Tinggalkan Balasan

Keranjang Belanja
Open chat
Tanya-tanya dong admin @scholarship4us terkait program di www.scholarship4us.com
%d blogger menyukai ini: