Office : Salatiga, Indonesia
+62813-1720-8424
info@scholarship4us.com

Beasiswa LPDP – Tips dan Trik

Beasiswa LPDP – Tips dan Trik

Webinar Beasiswa LPDP Bersama Muhammad Farhan Aziz (Awardee Beasiswa LPDP University of Edinburgh)

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri. Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan.  Beasiswa LPDP

Muhammad Farhan Aziz merupakan salah satu penerima beasiswa LPDP dan melanjutkan jenjang pendidikan di Universitas Edinburgh, Inggris. Dalam sesi webinar, Farhan menceritakan bagaimana perjalanannya dari awal sampai sukses menerima beasiswa LPDP dan dapat melanjutkan jenjang studinya di Universitas Edinburgh.

Farhan menjelaskan bahwa untuk mendapatkan beasiswa LPDP ada beberapa tahapan yang harus dilalui agar dapat diterima. Ada 3 tahapan yang wajib dilalui pada proses pendafatran beasiswa LPDP. Tahapan – tahapan tersebut adalah administrasi berkas, tes bakat skolastik (TBS), dan yang terakhir wawancara.Farhan juga memberikan beberapa beberapa tips yang ia gunakan, dengan harapan dapat memberikan gambaran serta kemudahan bagi teman – teman lainnya yang berminat untuk mendaftar beasiswa LPDP. Berikut adalah tips – tips yang Farhan paparkan dalam sesi webinar.

Pada tahapan administasi berkas, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan. Kita harus dapat mengumpulkan semura syarat – syarat dokumen, dan jangan sampai ada dokumen yang terlupa atau tidak lengkap. Di dalam administrasi berkaas kita diharuskan membuat tulisan yang menggambarkan tentang diri kita. Seperti kelebihan, kekurangan, pengalaman yang membanggkan. Untuk tips pertama pada hal ini, yang harus diperhatikan adalah kita harus mengisinya sesuai dengan apa adanya. Pada kelebihan dan kekurangan diri, akan dinilai oleh seorang psikolog, maka dari itu kita harus mengisikan secara jujur dan tidak berlebihian. Untuk dapat mengetahui apa kelebihan dan kekurangan diri kita dapat mengenal diri kita secara lebih, selain itu kita juga dapat meminta bantuan kepada orang – orang terdekat kita, mengenal diri melalui aplikasi tes kepribadian, ataupun dapat berkonsultasi dengan psikolog.

Selain menuliskan kelebihan dan kekurangan pada diri kita, kita juga harus menuliskan pengalaman yang membanggkan dan pengalaman yang kurang membanggakan. Untuk tips pada bagian ini, kita dapat menuliskan pengalaman yang saling berkaitan antara pengalaman yang membanggakan dan pengalaman yang kurang membanggakan. Sehingga pada saat sesi wawancara mengenai hal ini, pertanyaan yang dilontarkan tidak terlalu banyak dan kita dapat mudah dalam menjwabnya.

Selanjutnya Farhan memberikan tips pada tahapan tes bakat skolastik atau disingkat dengan TBS. Pada tahapan ini kemampuan akademik kita akan diuji. Tips yang dapat digunakan pada tahapan ini yaitu dengan belajar GMAT (Graduate Management Admission Test). Tes ini memiliki jumlah soal 60. Dengan tiga sub soal didalamnya, yaitu verbal dengan jumlah soal 23, kuantitatif dengan jumlah soal 25, dan problem solving dengan jumlah soal 12. Syarat minimum agar dapat diterima beasiswa LPDP, secara keseluruhan harus dapat menjawab 60% soal dengan benar dan juga lebih dari 50% menjawab soal dengan benar pada tiap sub soal.

Setelah berhasil melalui tahapan administrasi berkas dan tes bakat skolastik, tahapan yang terakhir adalah sesi wawancara. Ada beberapa tips yang dapat digunakan agar saat proses seleksi wawancara berjalan dengan lancar. Tips yang pertama adalah menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara dengan jujur dan santai. Dalam menjawab pertanyaan diusahakan kita dapat memberikan jawaban yang spesifik terkait pertanyaan yang diberikan. Serta jangan lupa untuk bersikap ramah dan tersenyum pada saat wawancara.

Dari tahapan – tahapan yang harus dilalui pada pendaftaran beasiswa LPDP, ada baiknya jika kita melakukan persiapan dengan matang agar dapat memudahkan dapat diterima. Cari referensi atau sumber belajar di internet, ataupun bisa mencari orang yang kita kenal yang telah lolos beasiswa LPDP untuk kita jadikan mentor agar dapat mebantu kita dalam proses pendaftaran beasiswa LPDP sehingga kesempatan dalam mendapatkan beasiswa LPDP dapat meningkat, kata Farhan.

 

Lihat Artikel Mengenai Beasiswa lainnya di website Scholarship4us

 

Jangan lupa buat follow akun media sosial kami untuk mendapatkan update informasi beasiswa.
Instagram: @scholarship4us
Facebook: Beasiswa Untuk Kita
YouTube: Beasiswa Untuk Kita

Don't forget to share :)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *