APA BEDANYA SIH? TOEFL VS IELTS


Hello scholarship hunters! Kalian pada tahu nggak perbedaan TOEFL vs IELTS? Kali ini scholarship4us ingin sharing informasi mengenai perbedaan TOEFL vs IELTS loh. Penasaran? Baca artikelnya sampai akhir ya!

TOEFL vs IELTS

Kata TOEFL dan IELTS tentu sudah tidak asing lagi dong, terutama bagi kamu yang berminat melanjutkan studi di luar negeri yang salah satu persyaratannya yaitu sertifikat TOEFL/IELTS. Hal tersebut tidak lain diperlukan untuk memastikan bahwa calon mahasiswa dapat mengikuti dan terlibat aktif dalam perkuliahan. TOEFL dan IELTS merupakan tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris kalian agar sesuai dengan standar internasional. Sebelum melangkah lebih lanjut, cari tahu yuk kepanjangan dari TOEFL dan IELTS!
Jadi, TOEFL singkatan dari Testing Of English as Foreign Language, sedangkan IELTS singkatan dari International English Language Testing System


Fungsi

TOEFL dan IELTS memiliki fungsi yang berbeda meskipun secara umum menjadi persyaratan untuk menempuh studi di luar negeri. TOEFL lebih dibutuhkan sebagai syarat tes bahasa Inggris kalau kamu mau melanjutkan studi di Universitas yang ada di Amerika dan Kanada. Sementara IELTS lebih dibutuhkan untuk persyaratan tes bahasa Inggris jika kamu berkenan melanjutkan studi di Inggris, Australia, dan Selandia Baru.

AKSEN

Aksen Bahasa Inggris yang digunakan dalam tes TOEFL dan IELTS juga berbeda. TOEFL memakai aksen North American, British, New Zealand, dan Australian English. Sedangkan IELTS memakai aksen Australian, Canadian, New Zealang, British, dan American English.

JENIS

Ada dua jenis TOEFL yang perlu kamu ketahui, yang pertama TOEFL ITP (Institutional Testing Program) yang hanya berlaku untuk wilayah tertentu, misalnya Asia. Yang kedua ada TOEFL iBT (internet Based Test) berlaku di seluruh dunia dan untuk kepentingan apapun. Sementara untuk IELTS juga terbagi menjadi dua jenis yang pertama, yaitu Modul Akademik berfungsi untuk keperluan melanjutkan akademik. Yang kedua yaitu Modul Pelatihan Umum diperuntukkan untuk kebutuhan non-akademik seperti magang.

FORMAT TES

Pada umumnya tes kemampuan bahasa Inggris terbagi menjadi empat poin, yaitu listening, reading, speaking, dan writing. Pada TOEFL dan IELTS, empat poin tersebut memiliki perbedaan sebagai berikut:

1. Listening, dalam TOEFL bentuk soalnya pilihan ganda, sedangkan IELTS bentuk soalnya isian singkat, bisa juga terdapat pilihan ganda, tetapi dengan jumlah yang sangat sedikit.
2. Reading, dalam TOEFL bentuk soal reading juga pilihan ganda, sementara IELTS bentuk soal reading beragam dan jarang ada pilihan ganda. Kebanyakan bentuk soal reading IELTS menentukan ide pikiran dari tiap paragraf.
3. Speaking, teknik mengerjakan soal speaking pada TOEFL yaitu melalui berbicara dengan komputer, sementara IELTS langsung berbicara dengan narative speaker.
4. Writing, dalam soal writing lebih mengarah pada membuat esai. Di TOEFL, tesnya menulis 2 esai, yang pertama esai 1 membaca teks yang terdapat penjelasan singkat mengenai topik tertentu, dari situ kemudian ditulis pendapat tentang topik yang sudah dijelaskan. Kemudian esai 2 menulis tentang masalah-masalah tertentu. Sementara IELTS, tesnya juga menulis 2 esai. Yang pertama esai menjelaskan sebuah tabel atau grafik tertentu dan kedua esai yang menjelaskan pendapat mengenai masalah tertentu.

PENILAIAN

Poin terakhir yang menjadi perbedaan TOEFL dan IELTS yang perlu kamu ketahui yaitu penilaiannya. Skor TOEFL ITP berkisar dalam angka ratusan dengan angka maksimal 677, sedangkan skol TOEFL iBT berkisar antara 0-120. Sementara untuk IELTS, skornya dalam bentuk satuan yang berkisar antara 0-9. Hasil akhir dari tes nantinya ditentukan dengan penjumlahan dari semua skor per sesi.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai perbedaan TOEFL dan IELTS. Gimana? Sudah pada paham kan dengan TOEFL/IELTS? Semoga informasi tersebut bisa buat referensi kamu yang lagi berniat untuk studi di luar negeri. Jangan lupa follow akun sosial media Scholarship4us supaya tidak ketinggalan info menarik lainnya.

Instagram: @scholarship4us

Fanpage: Beasiswa Untuk Kita

YouTube: Beasiswa Untuk Kita

Tiktok: @scholarship4us

Beasiswa Untuk Kita,
dari kita, untuk Indonesia

Tinggalkan Balasan

Kirim Pesan
Tanya-tanya dong admin @scholarship4us terkait program di www.scholarship4us.com
%d blogger menyukai ini: