7 Beasiswa S1 dari Berbagai Negara untuk Mahasiswa Internasional

7 Beasiswa S1 dari Berbagai Negara untuk Mahasiswa Internasional

Halo, Scholarship Hunters! Mewujudkan mimpi untuk belajar ke luar negeri bukanlah hal yang mustahil karena banyak negara yang siap untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa internasional. Bahkan, tidak hanya pada jenjang master atau doktoral, beberapa negara juga menyediakan beasiswa S1, loh. Nah, beasiswa-beasiswa ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang gagal pada seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2022. Lalu, apa saja sih beasiswa S1 yang disediakan berbagai negara untuk mahasiswa internasional? Scholarship4us sudah merangkum 7 beasiswa S1 dari Berbagai Negara untuk Mahasiswa Internasional beserta syarat dan ketentuannya.

1. Lester B. Person International Scholarship, Kanada

Kalian pasti sudah tidak asing dengan nama University of Toronto, Kanada. Kampus nomor satu di Negara Kanada ini memiliki berbagai macam program studi yang menarik seperti ilmu komupter, komunikasi, jurnalistik, sastra, dan masih banyak lagi. Selain itu, untuk menarik minat mahasiswa Internasional, kampus ini menyelenggarakan program Beasiswa Lester B. Person International Scholarship. Yaitu beasiswa yang memfasilitasi mahasiswa Internasional yang ingin kuliah pada jenjang S1 di University of Toronto, Kanada. Cakupan pendanaan dari beasiswa ini adalah biaya pendidikan, biaya buku, akomodasi tempat tinggal, dan dana incidental. Deadline untuk beasiswa ini adalah November 2022.

Selanjutnya, syarat pendaftaran beasiswa:

  1. Pelajar internasional;
  2. Sedang berada pada tahun terakhir SMA sedrajat;
  3. Berencana untuk mulai S1 pada Januari 2023.

Link Informasi lengkap untuk beasiswa ini: https://future.utoronto.ca/pearson/about/

2. Orange Tulip Scholarship, Belanda

Pemerintah negara Belanda memberikan kesempatan bagi pelajar Indonesia yang ingin menempuh pendidikan S1 di Belanda melalui beasiswa Orange Tulip. Beasiswa ini merupakan beasiswa bagi pelajar internasional yang berasal dari Indonesia, Vietnam, Rusia, Korea Selatan, India, dan Afrika Selatan. Beasiswa ini adalah beasiswa parsial dimana biaya pendidikan tidak ditanggung sepenuhnya oleh penyelenggara beasiswa. Deadline untuk beasiswa ini adalah Oktober 2022. Adapun syarat pendaftaran beasiswa:

  1. Pelajar Indonesia
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan/tinggal/bekerja di Belanda
  3. Tidak memiliki Riwayat pendidikan di Belanda
  4. Sudah diterima oleh perguruan tinggi mitra di Belanda (cek daftar perguruan tinggi yang menjadi mitra di website nuffic

Link Informasi lengkap untuk beasiswa ini: https://www.nuffic.nl/en/subjects/scholarships/orange-tulip-scholarship

3. KAIST Undergraduate Scholarship, Korea Selatan

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) memberikan beasiswa penuh bagi pelajar internasional yang ingin belajar pada bidang teknologi di kampus tersebut.  Cakupan pendanaan dari beasiswa ini adalah biaya pendidikan/kuliah, akomodasi tempat tinggal, asuransi Kesehatan, dan uang saku 350.000 won per bulan (termasuk biaya akomodasi tempat tinggal). Deadline untuk beasiswa ini adalah Oktober 2022.

Selanjutnya, syarat pendaftaran beasiswa:

  1. pendaftar merupakan pelajar internasional (bukan dari Korea Selatan);
  2. pendaftar memiliki catatan akademik yang bagus;
  3. pendaftar setidaknya telah menempuh pendidikan selama 16 tahun;
  4. pendaftar merupakan lulusan SMA sederajat di negara asalnya;
  5. pendaftar tidak memiliki status kewarganegaraan korea/ganda.

Link Informasi lengkap untuk beasiswa ini: https://fully-fundedscholarships.com/south-korean-kaist-scholarships-in-2022-study-for-free-in-south-korea/

4. Art Major Asian Plus (AMA+) Scholarship, Korea Selatan

Korea National University of Art memberikan beasiswa S1 melalui Art Major Asian Plus (AMA+) Scholarship. Kampus ini adalah perguruan tinggi dengan fokus bidang ilmu yang sudah sangat terkenal di Korea Selatan. Banyak artis-artis ternama yang merupakan alumni dari kampus ini diantaranya adalah Kim Go-eun pemeran Ji Eun-tak dalam serial Goblin. K-arts memberikan peluang beasiswa S1 bagi mahasiswa internasional yang ingin belajar seni di sana. Kemudian, cakupan pendanaan dari beasiswa ini adalah tiket keberangkatan menuju Korea, biaya pendidikan/kuliah, uang saku perbulan, asuransi Kesehatan, dan biaya pengayaan Bahasa Korea.

Selanjutnya, syarat pendaftaran beasiswa:

  1. merupakan warganegara dari OECD Development Assistance Committee
  2. telah lulus atau dijadwalkan lulus SMA sederajat
  3. memenuhi syarat kemampuan bahasa Korea
  4. pelamar harus memenuhi keterampilan dan bakat berdasarkan portofolio

Link Informasi lengkap untuk beasiswa ini: https://www.karts.ac.kr/en/news/notice_view.do?BB_SEQ=782&RNUM=1

5. MEXT Scholarship, Jepang

Pemerintah Jepang menawarkan kesempatan belajar di Negri Sakura untuk pelajar S1 melalui beasiswa MEXT.  Cakupan pendanaan dari beasiswa ini adalah biaya kuliah, tunjangan hidup, tiket pesawat, serta bebas biaya pengurusan visa pelajar.

Selanjutnya, syarat pendaftaran beasiswa:

  1. Dinyatakan lulus dari SMA sederajat.
  2. Usia maksimal 24 tahun
  3. Memenuhi syarat nilai raport
  4. Memiliki nilai kemampuan Bahasa Jepang yang legal dan memenuhi syarat

Link Informasi lengkap untuk beasiswa ini: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2023.html

6. Mitsui Bussan Scholarship, Jepang

Kalian pasti sudah tidak asing bukan dengan seorang Jerome Polin? Jerome Polin adalah salah satu penerima program beasiswa Mitsui Bussan ini, loh.  Sumber dana dari beasiswa ini berasal dari perusahaan Mitsui & Co. Ltd. Mitsui Bussan Sholarship bertujuan untuk mempermudah akses para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan S1 ke Jepang. Sementara itu, adapun cakupan pendanaan dari beasiswa ini adalah tunjangan hidup, tiket pesawat, tunjangan kedatangan, biaya perkuliahana, biaya akomodasi, berbagai jenis asuransi, dan biaya Buku.

Link Informasi lengkap untuk beasiswa ini: https://www.mbkscholarship-id.com/

7. Chinese Government Scholarship, Cina

Tidak kalah dengan negara lain di Asia Timur, Cina juga memberikan beasiswa S1 bagi para pelajar internasional. Ada lebih dari 200 universitas di Cina yang dapat kamu pilih dengan sumber pendanaan dari beasiswa ini, loh. Beasiswa ini memiliki tiga tipe yaitu tipa A, B, dan C. Pada setiap tipe memiliki cakupan pendanaan yang berbeda. Adapun beasiswa tipe A merupakan beasiswa fully funded.  Sementara itu, beasiswa tipe C merupakan beasiswa parsial. Kemudian, Syarat pendaftaran beasiswa ini adalah:

  1. Bukan warga negara Cina
  2. Tidak sedang menerima beasiswa lain dari negara Cina
  3. Tidak melebihi batas usia untuk S1 (25 tahun)

Link Informasi lengkap untuk beasiswa ini: https://www.chinesescholarshipcouncil.com/

Nah, itu tadi daftar beasiswa S1 ke luar negeri yang sudah Scholarship4us rangkum untuk kamu. Apakah kalian tertarik untuk mendaftar ke salah satu beasiswa di atas? Kalian dapat mengunjungi website Scholarship4us untuk mendapatkan informasi-informasi menarik lainnya seputar beasiswa. Jangan lupa juga untuk mengunjungi laman sosial media milik Scholarship4us karena terdapat banyak informasi menarik lainnya seputar beasiswa juga, loh.

Facebook: Scholarship4us

Instagram: Scholarship4us

Youtube: BeasiswaUntukKita

Tiktok: Scholarship4us

Beasiswa Untuk Kita,

Dari Kita Untuk Indonesia.

Tinggalkan Balasan