7 ALASAN KAMU HARUS KULIAH DI BELANDA

 

Belanda adalah negara yang indah dengan banyak hal yang menarik seperti kanal dimana-mana, bunga tulip yang memukau hingga kincir angin berdiri gagah. Belanda juga menjadi salah satu negara tujuan study abroad banyak mahasiswa. Banyak hal yang menjadi alasan kenapa Belanda cocok untuk menjadi negara tujuan kuliah mu. 

Apa aja sih keunggulan negara Belanda untuk jadi tujuan study abroad mu? Yuk baca penjelasannya di bawah ini!

1.Banyak Universitas Top Dunia di Belanda

Beberapa universitas belanda masuk dalam top universitas di dunia.Terdapat University of Amsterdam, Delft University of Technology, Utrecht University, Wageningen University and Research Centre, Leiden University, dan masih banyak lagi. Bahkan untuk jurusan komunikasi terbaik di dunia dipegang oleh University of Amsterdam loh.

2. Sistem Belajar yang Berfokus pada Interaksi Siswa

Ketika di dalam kelas pembelajaran kebanyakan dilakukan dengan kerja tim dan lebih interaktif. Guru akan memberikan kesempatan untuk setiap siswa agar aktif beropini. Tidak hanya itu, kamu juga didorong untuk mampu terlibat dengan opini orang lain. Tujuannya agar kamu dapat lebih cakap mengelola kemampuan akademismu sendiri dan mempunyai inisiatif dalam pembelajaran.

3. Menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar Pembelajaran

Fakta bahwa di belanda banyak jurusan yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar daripada bahasa belanda asli. Hal ini menguntungkan untuk kamu karena tidak begitu mengkhawatirkan jika kamu belum menguasai bahasa belanda asli. Masyarakatnya pun banyak yang memakai bahasa inggris untuk kegiatan sehari-hari. Jadi, kamu nggak perlu takut jika bertanya di jalan dengan orang belanda.

4. Bertebaran Beasiswa Kuliah ke Belanda

Kuliah ke luar negeri dengan beasiswa adalah cita-cita banyak calon mahasiswa. Bisa berkuliah di tempat yang bagus dan mendapat bantuan dana pendidikan hingga biaya hidup. Beruntunglah kamu karena banyak sekali beasiswa mulai dari S1,S2 hingga S3 ke belanda yang didanai penuh atau parsial. Contohnya ada beasiswa Studeren In Nederland, Orange Knowledge Progamme, Orange Tulip Scholarship, LPDP, dan lain-lain.

5. Work-Life Balance Dan Salah Satu Negara Paling Bahagia Di Dunia.

Menurut dana OECD, work-life balance yang diterapkan di belanda adalah yang terbaik. Orang belanda akan memaksimalkan waktu bekerja dan belajar agar waktu weekend bisa dihabiskan untuk melakukan hobi, berkumpul dengan keluarga atau teman, dan lain sebagainya. Jarang orang belanda mau bekerja atau belajar di waktu weekend. Bahkan di perusahaan jarang terjadi kerja lembur. Tak ayal ini menjadikan Belanda sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia.

6. Banyak Mahasiswa Indonesia di Belanda

Terdapat 1000 lebih mahasiswa indonesia yang berkuliah di belanda. Ada berbagai jurusan yang banyak diminati oleh mahasiswa indonesia di belanda, seperti bisnis dan manajemen, teknik, pertanian, dan hukum. Ketika kamu mengalami homesick kehadiran teman-temanmu lah yang akan membantumu bangkit dan kembali bersemangat. Dukungan dari teman seperjuangan akan membuatmu lebih termotivasi dan mengingat tujuan awal kamu kuliah ke luar negeri.

7. Masyarakat Belanda Terbuka akan Perbedaan

Masyarakat belanda sangat menghargai perbedaan. Bagaimana pun latar belakangmu, kondisi fisikmu, dan pilihan hidupmu mereka akan menghormati itu karena itulah yang mereka pegang dari dulu. Baik pemerintah maupun masyarakatnya tidak mau memperdebatkan perbedaan sekalipun itu sangat sensitif. 

Jadi, setelah membaca artikel di atas apa kamu semakin yakin untuk berkuliah ke belanda?

Untuk informasi lainnya, kamu bisa kunjungi sosial media Scholarship4us

FB: Beasiswa Untuk Kita

IG: @Scholarship4us

TikTok:  @Scholarship4us

Tinggalkan Balasan